AKSI NYATA MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK
Kegiatan aksi nyata akan dilakukan sebagai implementasi rencana manajemen perubahan yang dibuat dengan pendekatan inkuiri apresiatif untuk memfasilitasi terbentuknya murid yang berprofil Pancasila.
Latar Belakang Aksi Nyata
Program Guru Penggerak merupakan salah satu inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dalam memimpin pembelajaran dan menjadi agen perubahan di sekolah. Berdasarkan tujuan Pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu menuntun segala kodrat pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagian setinggi-tingginya, baik sebagai anggota Masyarakat maupun sebagai manusia.
Sebagai calon Guru Penggerak, saya memiliki tanggung jawab untuk menuntun dan menumbuhkan kepemimpinan murid-murid melalui berbagai cara. Berikut adalah beberapa strategi dan pendekatan yang dapat saya gunakan:
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Pemberdayaan murid
Mentoring dan Coaching
Pengembangan ketrampilan sosial dan emosional
Membangun karakter dan nilai nilai kepemimpinan.
Melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) saya sebagai Calon Guru penggerak merumuskan visi Impian " Terwujudnya siswa yang berakhlakul karimah, berkarakter, cerdas dan nasionalis dalam era globalisasi".