Lihat ke Halaman Asli

Firza SofiaBalqis

Universitas Negeri Malang

Kenali Budaya Berbahasa melalui Kegiatan FESBAMURA

Diperbarui: 10 Desember 2023   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster FESBAMURA (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Indonesia terkenal akan kekayaan Bahasa yang dimiliki, mulai dari Bahasa Indonesia yang menjadi Bahasa Nasional dan 715 bahasa daerah, yang menjadikan Indonesia sebagai pemilik Bahasa terbanyak kedua setelah Papua Nugini (Sekretariat Kabinet Republik Indonesia). Keberagaman Bahasa yang dimiliki, menjadikan Bulan Bahasa menjadi salah satu momen penting yang diperingati di Indonesia.

Perayaan Bulan Bahasa tidak terlepas dari peristiwa Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, karena pada peristiwa Sumpah Pemuda Bahasa Indonesia disepakati sebagai Bahasa persatuan. Oleh karena itu, bulan Oktober juga dirayakan sebagai Bulan Bahasa yang merupakan bentuk dari penghormatan kepada peristiwa Sumpah Pemuda yang juga menjadi momen penetapan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan, sesuai dengan Ikrar Sumpah Pemuda yang berbunyi, “Kami Putra dan Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.”

Peringatan Bulan Bahasa secara rutin diselenggarakan pada bulan Oktober sejak tahun 1980. Oleh karena itu, kini bulan Oktober dikenal juga sebagai Bulan Bahasa.

Peringatan Bulan Bahasa di SMA Panjura Malang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan peringatan Sumpah Pemuda dan peringatan hari Pahlawan. Peringatan Bulan Bahasa di SMA Panjura Malang diberi nama FESBAMURA 2023 (Festival Berbahasa Pemuda Panjura).

Kegiatan FESBAMURA 2023 dilaksanakan pada tanggal 26-27 Oktober 2023. Dengan diadakannya kegiatan tersebut, diharapkan para siswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, lebih mencintai dan menghargai keberagaman Bahasa yang ada di Indonesia.  Di sisi lain, kegiatan FESBAMURA dilaksanakan untuk mengembangkan interaksi positif antar warga sekolah, meningkatkan kreativitas dan kekompakan siswa, serta menumbuhkan motivasi, serta semangat belajar bagi siswa-siswa di SMA Panjura Malang.

Dalam kegiatan FESBAMURA 2023 dimeriahkan dengan berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh siswa-siswa di SMA Panjura Malang. Lomba-lomba yang diadakan, diantaranya poster digital, lomba cerdas cermat (LCC), story telling, dan madding 3D, dimana seluruh cabang lomba tersebut diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas.

1.  Lomba Poster Digital

Presentasi Poster Digital (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Lomba poster digital dilaksanakan dengan tema “Self Love.” Dalam lomba tersebut diikuti oleh 2 perwakilan dari masing-masing kelas yang membuat poster, kemudian dikirimkan kepada panitia dan di-upload di Instagram @am_smapara. Juara I, II, dan III dinilai dari hasil poster dan presentasi poster yang dilaksanakan oleh perwakilan kelas, sedangkan Juara Favorit dinilai dari hasil like  terbanyak pada Poster yang sudah di-upload.

2. Lomba Cerdas Cermat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline