Lihat ke Halaman Asli

firyal nuraisy

Mahasiswa - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Kenal Lebih Dekat dengan Pound Fit, Olahraga Unik Menggunakan Stik Drum

Diperbarui: 20 Juni 2023   03:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga pound fit (Sumber : dokumentasi pribadi)

Belakangan ini, pound fit menjadi salah satu jenis olahraga yang tengah populer. Bagaimana tidak, olahraga ini terbilang unik karena merupakan olahraga yang dalam praktiknya menggunakan stik drum. Selain unik, pound fit juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Rina, seorang instruktur pound fit menjelaskan bahwa pound fit merupakan jenis olahraga kardio yang berfokus untuk meningkatkan detak jantung. Olahraga ini terinspirasi dari gerakan menabuh drum yang terlihat dalam praktiknya yang menggunakan ripstix atau stik drum dan matras sebagai pengganti drum. Pound fit menjadi olahraga yang memiliki intensitas cukup tinggi dengan heart rate yang berada pada kisaran 140 - 180 kali/menit. 

"Dengan intensitas yang cukup tinggi, terkadang membuat nafas kita menjadi terengah-engah. Jadi, ketika hal itu terjadi disarankan jangan langsung duduk tetapi lebih baik mengurangi intensitas gerakan aja," ujar Rina.

Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja dengan level kemampuan apapun mulai dari pemula hingga expert. Selain itu, pound fit juga termasuk olahraga yang fleksibel atau dapat dilakukan kapan saja. Idealnya, pound fit dapat dilakukan selama 60 menit dalam 1 sesi.

Rina juga menjelaskan bahwa pound fit memiliki 4 posisi gerakan, yaitu posisi set atau sumo squat dan lunge yang bertujuan untuk menguatkan hamstring atau otot besar pada paha bagian belakang, otot adduktor, dan glutes. Selanjutnya, posisi kit yang hampir mirip dengan russian twist yang bertujuan untuk mengencangkan otot perut. Dan posisi T&A atau thighs and assets yang memiliki tujuan yang sama dengan posisi set dan lunge.

Di sisi lain, dengan melakukan olahraga ini juga dapat meningkatkan hormon endorfin. Hormon ini merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh untuk membuat seseorang merasa bahagia. Dalam pound fit, rasa bahagia yang ditimbulkan memiliki keunikan tersendiri karena selama berolahraga, seseorang seakan-akan sedang memainkan drum dan mengikuti musik dengan ritme yang cukup cepat.

"Kalo melakukan olahraga kardio pasti bawaannya happy. Tapi, kalo rasa bahagia yang dihasilkan dari pound fit itu punya keunikan sendiri karena kita seolah-olah lagi bermain drum dan diiringi sama musik yang fun dan punya ritme yang cepet," ucap Rina.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari olahraga ini yaitu dapat menurunkan berat badan, meningkatkan fokus untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan membangun motivasi serta semangat. Selain itu, dengan munculnya rasa bahagia saat melakukan pound fit, seseorang dapat menghilangkan stress dan memperbaiki mood.

Beberapa manfaat tersebut dirasakan oleh salah satu peserta senam pound fit yang bernama Dila. Keikutsertaannya pada kelas pound fit didasari karena ketertarikannya pada gerakan olahraga tersebut. Menurutnya, pound fit menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus memiliki manfaat bagi tubuhnya. Beberapa keuntungan tersebut membuatnya tertarik untuk mengikuti kelas pound fit kembali di lain waktu.

"Awalnya aku tertarik sama olahraga ini karena kelihatannya seru. Soalnya kalo pound fit ini kan pakai stik drum ya, jadi dari situ keliatannya lebih seru dan semangat pas melakukannya. Pound fit juga bikin badan aku merasa lebih enteng dan mood jadi lebih bagus," ucap Dila. 

Beberapa penjelasan tersebut memperlihatkan bahwa pound fit bukan sekedar olahraga yang menyenangkan tetapi juga membawa segudang manfaat bagi kesehatan. Pound fit juga dapat menjadi alternatif olahraga baru bagi yang belum pernah mencobanya. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu adanya konsistensi dalam melakukan olahraga ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline