Lihat ke Halaman Asli

[Resensi Film] Romantisme Kejayaan Majapahit dan Buton dalam Film

Diperbarui: 16 November 2016   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : kabarbuton.com

Perjuangan yang sangat melelahkan bagi para penikmat perfilman Indonesia setelah 2 tahun lamanya, film 'Barakati' akhirnya ditayangkan di bioskop. Bahagia rasanya ketika menyaksikan sisi dari sejarah tentang Kerajaan Majapahit yang dilukiskan dalam film 'Barakati'.

Film ini dirilis di tahun 2014 lalu, tetapi sempat tertunda 2 tahun dan akhirnya tayang di tahun 2016. Film ini merupakan salah satu film yang bergenre sejarah yang menceritakan pertalian teka-teki sejarah Majapahit di Buton.

Ada beberapa aktor papan atas seperti Fedi Nuril dan Acha Septriasa serta Jono Amstrong yang membintangi film ini. Fedi Nuril yang berperan sebagai Abdul Manan seorang arkeolog yang berusaha membaca jejak sejarah Kerajaan Majapahit, Acha Septriasa berperan sebagai Wa Ambe yaitu gadis asli keturunan Buton yang merupakan anak dari salah satu pemangku adat setempat, Jono Amstrong berperan sebagai Gerry, peneliti sejarah dari Eropa yang membawa lontar kisah jejak Mahapatih Gajah Mada Kerajaan Majapahit.

Abdul Manan merupakan anak keturunan darah Buton yang di tinggal di Jogja. Ayahnya berasal dari Jawa sedang Ibunya merupakan keturunan bangsawan di Kerajaan Buton. Atas permintaan bantuan dari Gerry untuk menjelaskan isi lontar yang dibawanya, Abdul Manan mencoba menelusuri jejak Mahapatih Gajah Mada yang kemudian membawanya hingga sampai ke Buton.

Sumber : https://movie.co.id/wp-content/uploads/2015/05/Barakati.jpg

Sejarah layaknya sebuah tali-temali yang saling berhubungan satu sama lain dan mempunyai hubungan yang kuat. Keterhubungan di masa lalu tersebut yang menjadi pertalian yang kuat hingga masa kini dapat disaksikan. Tak heran ada pesan arif yang menjelaskan bahwa: mereka yang belajar dari masa lalu akan mampu menata masa depan berkat cahaya terang dari masa lalu.

Saya kemudian teringat apa yang di katakan oleh Sartono Kartodirdjo bahwa hakikat sejarah di batasi oleh dua pengertian yaitu objektivitas dan subjektivitas. Tak bisa di hindarkan objektivitas sejarah melibatkan kepentingan tertentu seperti kepentingan politik, ekonomi dan sosial budaya.

Begitu pun kondisi status sosial budaya Abdul Manan dalam film ini yang cukup kontras, ini disebabkan dari garis keturanan yang berbeda, ibunya yang kemudian menikah dengan keturunan bangsa lain yang membuatnya kurang diterima. Awal kepulangannya ke Buton dikarenakan ia ingin mengabarkan kepada keluarganya bahwa ibunya sedang sakit keras dan ingin kembali ke Buton.

Di sini saya kemudian melihat pesan-pesan kearifan lokal yang masih di pegang teguh oleh masyarakat Buton bahwa sejauh apapun mereka pergi, rasa ingin kembali ke tanahnya akan terus hidup di hati mereka (Barakati). Pada titik ini saya kemudian tersentuh, pikiran saya melayang jauh ke kampung halaman pula. Inilah salah satu bentuk pesan nilai kearifan lokal yang digambarkan.

Setiap nilai kearifan lokal senantiasa bersemayam dalam suatu budaya (culture) yang memiliki sistem nilai (pesan moral) dan menjadi pegangan teguh suatu masyarakat. Budaya yang mengandung nilai kearifan lokal, ini yang menjadi suatu konstruksi sejarah yang melapisi masyarakat. Lapisan-lapisan tersebut dalam perjalanan sang waktu akan tersingkap. Mereka yang kemudian menyerap berbagai pesan moral itu membuka tabir masa lalu. Begitu pun dengan masyarakat Buton yang digambarkan dalam film ini mencoba mengangkat pesan-pesan moral lewat tokoh Abdul Manan dalam film ini.

Namun, kondisi yang membuat Abdul Manan tidak diterima di keluarganya di Buton, membawanya bertemu dengan Gerry dan Wa Ambe. Inilah awal perjalanannya menelusuri jejak Mahapatih setelah ia menerima tawaran mengungkap misteri lontar yang di bawa oleh Gerry itu. Wa Ambe yang merupakan putri pemangku adat di Buton tersebut menjadi sahabatnya untuk menelusuri kisah tentang Mahapatih Gajah Mada di Buton. Penelusuran kisah Mahapatih kemudian dilakukan dengan melalui informasi folklore (cerita rakyat setempat) dan artefak.

sumber: https://i.ytimg.com/vi/7oiJckQZNNg/hqdefault.jpg

Leo Suryadinata menyatakan, awal sejarah hidup Gajah Mada tidak jelas. Namun, Encarta Encylopedia memperkirakan Gajah Mada lahir 1290 M. Jadi, ia lahir dan besar pada saat terjadi masa perpindahan kekuasaan dari Raden Wijaya kepada Jayanagara. Ketidakjelasan dikarenakan oleh kecenderungan penulisan tokoh Gajah Mada yang kerap dihubungkan dengan dimensi supernatural.

Penghubungan ini sulit dihindari karena masyarakat Indonesia menilai tinggi dimensi tersebut. Namun, ini menjadi salah satu ciri khas kebiasaan masyarakat Indonesia. Pendapat lain menyebutkan Gajah Mada turunan Mongol. Ia terlahir sebagai anak anggota pasukan Mongol yang menetap di Jawa dan lalu menikahi perempuan lokal.

Sementara dalam folklore masyarakat lokal Buton meyakini bahwa histeriografi yang dibangun oleh masyarakat Buton dan Liya tentang keberadaan Mahapatih Gajah Mada tersebut, karena diturunkan secara tutur ratusan tahun silam secara turun temurun dari leluhur mereka. Masyarakat Pulau Buton meyakini bahwa makam Patih Gajah Mada berada di atas sebuah bukit di Kelurahan Majapahit, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline