Lihat ke Halaman Asli

Membuat Majalah Sekolah yang Menarik

Diperbarui: 3 Februari 2023   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi pribadi

MEMBUAT MAJALAH SEKOLAH YANG MENARIK

Moderator          : Mutmainah, M.Pd.

Narasumber       : Widya Setianingsih, S.Ag.

Judul                     : Mengelola Majalah Sekolah

Pada kesempatan pertemuan pelatihan KBMN Angkatan ke-28 Materi Ke-11 yang bertema tentang "Mengelola Majalah Sekolah" dengan narasumber adalah Ibu Widya Setianingsih, S.Ag. dan moderator adalah Ibu Mutmainah, M.Pd. Resume yang akan kami informasikan adalah dalam bentuk artikel yang berjudul "Membuat Majalah Sekolah yang Menarik". Artikelnya sebagai berikut ini :

  • Pengertian majalah

Majalah menurut KBBI adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik actual yang patut diketahui pembaca. Menurut Soeatminah (1987), majalah merupakan terbitan secara berkala yang berisi artikel-artikel dan terbitan untuk waktu yang tidak terbatas serta mempunyai nomor urut. Menurut pendapat ahli tersebut, majalah merupakan salah satu media massa yang memuat artikel-artikel yang berasal dari berbagai liputan jurnalistik maupun opini seseorang dalam rangka menyampaikan informasi kepada pembaca yang terbit secara berkala maupun waktu yang tidak terbatas. Sebenarnya kalau kita melihat sejarah, majalah itu muncul tidak lama setelah surat kabar terbit mulai dari awal kemerdekaan, zaman orde lama, orde baru maupun masa reformasi saat. Seiring dengan perkembangan zaman tersebut, jenis-jenis majalahpun sangat beragam, berdasarkan M.O Palapah dan Atang Syamsudin membagi tiga jenis yaitu :

  • Mass Magazine adalah majalah umum yang ditujukan untuk semua golongan, jadi merupakan majalah umum.
  • Class magazine adalah majalah yang ditujukan untuk golongan tertentu isinya mengenai bidang-bidang tertentu.
  • Spesialized magazine adalah majalah khusu dan ditujukan kepada para pembaca khusus.

Sedangkan menurut Ibu Widya Setianingsih, S.Pd. berdasarkan waktu penerbitan dibedakan atas majalah bulanan, tengah bulanan, mingguan. Menurut pengkhususan isinya dibedakan atas majalah berita, anak-anak, wanita, remaja, olahraga, sastra pengetahun . Berdasarkan berbagai kategori tersebut, hal yang akan kami sampaikan dalam artikel ini adalah majalah sekolah. Lantas majalah sekolah masuk dalam jenis majalah apa? Kalau kita mengacu dari pendapatnya M.O Palapah dan Atang Syamsudin maka majalah sekolah masuk Mass Megazine, dimana majalah tersebut ditujukan untuk semua golongan Kalau dilihat dari waktu penerbita bisa masuk semuanya tergantung dari tim sekolah yang mengelola majalah tersebut. Oleh karena itu, majalah sekolah sebenarnya apa?

  • Majalah Sekolah

Berdasarkan Fifana, Riyadhoh (2012) Skripsi yang berjudul "Pengembangan Panduan Membuat Majalah Sekolah Untuk Siswa SMP" menyampaikan bahwasanya majalah sekolah merupakan salah satu bentuk media yang membantu siswa meningkatkan ketrampilan berbahasanya, terutama baca-tulis. Jadi kalau saya simpulkan majalah sekolah adalah salah satu jenis majalah umum yang diterbitkan oleh tim sekolah dengan tujuan untuk menyampaikan informasi tentang sekolah serta melatih anak-anak berliterasi.  Adapun manfaat sekolah menurut Ibu Widya Setianingsih, S.Pd. adalah :

  • Sebagai sarana komunikasi sekolah dengan wali murid artinya segala aktivitas yang dilakukan disekolah didokumentasikan lalu ditulis kedalam majalah dan diinformasikan kepada wali murid.
  • Media komunikatif sekolah yang berisi berita sekolah, informasi, pengetahuan dan hiburan. Didalam mejalah sekolahpun berisi tentang berita sekolah,maupun informasi mengenai pengetahuan dan hiburan yang dapat dijadikan sebagai media komunikasi kepada khalayak umum.
  • Wadah kreatifitas guru dan siswa dalam berkarya (menulis, menggambar, dll). Manfaat yang begitu penting dimajalah ini adalah penampung kretifitas dari guru maupun siswa dalam berliterasi sehingga dapat memunculkan sebuah karya yang sangat baik.
  • Sarana publikasi sekolah dan menambah nilai. Manfaat sebagai sarana untuk publikasi sekolah kepada khalayak umum, yang harapannya dapat menambah nilai material maupun immaterial.
  • Menjadi kebanggaan sekolah dan menambah nilai plus sekolah terutama saat akreditasi.
  • Membuat Majalah Sekolah Yang Menarik

Lalu bagaimana dalam membuat majalah sekolah yang menarik dan memiliki daya jual tinggi. Berdasarkan apa yang disampaikan Ibu Widya selaku narasumber dan praktisi dengan menjadi pemimpin redaksi majalah sekolah bertajuk Kharisma. Beliau menceritakan jatuh bangunnya membuat majalah sekolah yang dapat terbit secara berkala dan senantiasa memberikan wadah informasi buat khalayak umum. Berdasarkan kesimpulan yang saya ambil dari pendapatnya beliau adalah :

  • Memillki SDM yang cukup. Tim inilah yang bertugas untuk mengelola dan menerbitkan majalah sekolah seperti npenasehat, penanggung jawab, pimpinan redaksi, bendahara, editor, layout hingga pemburu berita.
  • Desain majalah yang menarik seperti : bagian cerita bergambaar yang dibuat dari guru maupun siswa, Bagian salam redaksi dari pimpinan redaksi, Bagian hasil karya siswa selama pembelajaran berupa puisi, cerpen, karya kerajinan siswa atau ketrampilan, Bagian artikel yang mengupas tentang wawasan ilmu atau pngetahuan umum, Bagian kuis bisa berisi TTS. Tebak gambar dll.
  • Dapat dukungan dari sekolah maupun stake holder.

whatsapp-image-2023-02-03-at-15-09-40-1-63dcc47e08a8b5456b125ce2.jpeg

whatsapp-image-2023-02-03-at-15-09-40-63dcc48d4addee07666d4893.jpeg

whatsapp-image-2023-02-03-at-15-09-40-2-63dcc4a04addee0dbb666dd3.jpeg

  • whatsapp-image-2023-02-03-at-15-09-40-3-63dcc4af4addee18441ce802.jpeg

  • Tantangan Mengelola Majalah Sekolah
    Adapun tantang dalam mengelola majalah sekolah, berdasarkan pendapatnya Ibu Widya adalah :
  • SDM. Tentu adanya SDM menjadi keharusnya yang mutlak agar mejalah sekolah dapat dibuat dan diterbitkan.
  • Sumber Dana. Tak kalah penting dari SDM adalah sumber dana, jika sumber dananya ada, maka akan lebih mudah untuk membuat, menerbitkan dan menyebarkan majalah sekolah
  • Dukungan Sekolah. Dukungan sekolah untuk tim pengelola majalah menjadi komponen utama yang harus dilakukan. Karena tim ini akan bergerak manakala sekolah senantiasa mendukung adanya majalah sekolah. Keberadaan dana dan sdm menjadi kewenangan dari sekolah.
  • Dukungan Stake Holder. Selain ketiga itu, yang terakhir adalah dukungan dari stek holder. Dukungan dari mereka dapat membangkitkan semangat dan apresiasi yang baik untuk tim pengelola majalah senantiasa konsisten untuk terus menerbitkan majalah.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan dalam tulisan kali ini. Atas perhatian, saran dan komentar yang membangun kami ucapkan banyak terima kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline