Lihat ke Halaman Asli

KKN 09 Unuha

Mahasiswa

Pendampingan Mahasiswa KKN UNUHA pada Program Profil Desa dan Kelurahan (PRODESKEL) di Desa Mengulak

Diperbarui: 1 September 2024   15:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar pribadi

Pada hari senin Agustus 2024, mahasiswa KKN T 09 UNUHA Desa Mengulak, kec. Madang Suku 1 Kab. Oku Timur, telah melakukan kegiatan pendampingan penginputan  data dan pengelolaan administrasi desa menggunakan Sistem Profil Desa Dan Kelurahan( PRODESKEL). Merupakan aplikasi berbasis web online yang dapat di akses secara menyeluruh di indonesia. Hal inii berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri  Nomer  12 tahun 2007 tentang Pendoman Penyusunan Dan Pendayagunaan Data Profil Desa Dan Kelurahan.

Adapun tujuan dari PRODESKEL ini yaitu untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi Dasar Data Keluarga,potensi SDA, dan SDM, Kelembagaan,Prasarana Dan Sarana, Serta Perkembangan Kemajuan Dan Permasalahan yang di hadapi Desa.dengan begitu,diharapkan terciptanya administrasi desa yang lebih efektif,transparan dan akurat. Dengan adanya program PRODESKEL iniI,tidak hanya berguna pada Pemerintah Desa,melainkan dari Pemerintah Daerah,Pemerintah Pusat,BUMD,BUMN dan masih banyak lagi yang memiliki kepentingan terkait memanfaatkan Profil Desa tersebut. Sistem ini dapat di akses yang beralamatkan www.prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id.

Pada kesempatan ini mahaiswa KKN melakukan pendampingan penginputan data dengan beberapa pemerintah desa seperti,Sekretaris Desa,Kepala Dusun,dan DPD hal ini dilakukan Di balai Desa Mengulak. Kegiatan ini dipandu oleh mahasiswa KKN, " dalam penginputan prodeskel ini yang harus diperhatikan ialah ketelitan dan kesabaran karena saat ketika proses penginputan banyak yang harus di lengkapi dan memakan waktu cukup lama". Ujar Ulfa

Dengan adanya pendampingan dari mahaiswa KKN UNUHA Pemerintah Desa sangat memberikan apresiasi,seperti halnya di sampaikan oleh SEKDES " Progaram Profil Desa dan Kelurahan ini merupakan bagian tugas kami, yang mana ketika mahasiwa datang untuk membantu dalam proses penginputan walaupun belum 100% namun dapat meringankan kami dalam proses  menyelesaikannya secara akurat."

 gambar pribadi 

Hal ini juga memberikan dampak positif dari Pemerintah Desa kepada mahasiswa KKN yang telah berkontribusi dalam melakukan kegiatan Pemerintah Desa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline