Lihat ke Halaman Asli

Firman Rahman

TERVERIFIKASI

Blogger Kompasiana

Puasa Ramadan, Cara Mudah dan Murah untuk Detoksifikasi Tubuh

Diperbarui: 28 Maret 2023   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Puasa Ramadan (Sumber: timeanddate.com)

Menjaga agar tubuh tetap dan selalu sehat adalah kewajiban kita masing-masing. Namun, terkadang menjaga tubuh selalu sehat masih memiliki peluang tubuh bermasalah, seperti cepat lelah, kulit bermasalah, atau sering sakit kepala, bila jawabannya 'Ya', maka berhati-hatilah, bisa jadi ini adanya racun yang menumpuk. Jangan bingung, ada cara paling mudah untuk membasmi racun atau toksin dakam tubuh, apalagi saat ini bertepatan dengan Bulan Ramadan, karena Puasa Ramadan, cara mudah dan murah untuk detoksifikasi tubuh.

Mengutip berbagai catatan tentang toksin atau racun dalam tubuh, yang pernah ditulis oleh Agus Suroso, maka toksin atau racun ini harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Apabila jumlahnya sudah sedemikian banyak makan racun akan menumpuk dan bisa menyebabkan toksemia, yaitu suatu kondisi keracunan di dalam darah.

Puasa dan Detoksifikasi

Ternyata racun dalam tubuh bisa berasal dari dalam yang disebut dengan endogenus atau yang berasal dari luar yang disebut dengan eksogenus.

Ada pun yang endogenus, seperti sisa metabolisme, radikal bebas, produksi hormon yang berlebihan yang disebabkan karena stress, gangguan fungsi hormon dan juga bakteri penyakit yang ada dalam tubuh.

Sedangkan faktor eksogenus seperti polutan, obat-obatan, hormon pada ternak, makanan yang diproses, lemak trans dan juga mikroba.

Tubuh sebenrnya memiliki mekanismenya sendiri untuk menangani racun, yaitu dengan mengeluarkan keringat, berkemih dan juga buang air besar, yang merupakan detoksifikasi atau proses pengeluaran racun dari tubuh secara alami.

Namun, ternyata proses tersebut di atas masih belum menyelesaikan semua masalah, terdapat penyebab yang membuat mekanisme alami tersebut menjadi terganggu.

'DETOKSIFIKASI' menjadi jawaban atas masalah yang ada dalam tubuh untuk memperoleh zat gizi yang tepat dan juga memberikan kesempatan tubuh untuk melakukan proses pembuangan.

Sedangkan organ yang berperan dalam proses detoksifikasi adalah saluran usus dan liver. Namun, yang perlu diperhatikan disini adalah detoksifikasi yang hanya menfokuskan pada proses pengeluaran racun saja malah sangat membahayakan, karena akan memberi tekanan pada kedua organ di atas, yaitu usus dan liver.

Baca juga: Tips Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadhan.

Diantara berbagai cara sistem detoksifikasi, seperti detoks xenobiotik dan detoks antioksidan, maka detok yang sangat diperrcaya menjadi detok yang mudah dan aman adalah "Puasa" yang dilakukan pada Bulan Ramadan yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline