Lihat ke Halaman Asli

Firman Rahman

TERVERIFIKASI

Blogger Kompasiana

Nikmatnya Nasi Campur Khas Bu Rudy di Surabaya

Diperbarui: 10 Januari 2023   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nasi campur khas Bu Rudy (Pict: Dokumen pribadi)

Membahas tentang kuliner seolah tidak ada habisnya, begitu juga dengan kuliner Surabaya yang terkenal dengan rasanya yang nikmat, ditambah sambalnya yang kuat, membuat selalu kangen akan sajian kuliner khas Surabaya. Kali ini nikmatnya nasi campur khas Bu Rudy di Surabaya menjadi salah satu pilihan. Dulu kami pernah mencobanya di depot atau cabang utama yang ada di daerah Dharmahusada, beberapa waktu kemudian kami mencobanya lagi namun di salah satu cabangnya di food court PGS Surabaya, karena saat itu kami berada di pusat perbelanjaan PGS Surabaya.

Di Kota Surabaya sendiri begitu banyak pilihan kuliner yang tersebar di segala penjuru, mulai dari sudut gang, kaki lima, sampai dengan restoran besar semuanya enak. Hal ini bissa disebabkan karena pemilik usaha kuliner menyesuaikan dengan lidah masyarakat Surabaya yag senang dengan rasa pedas, gurih dan manis. Dan yang pasti sambalnya harus luekoh, yaitu sebutan kuliner di Surabaya yang sangat enak.

Nasi Campur Bu Rudy  Pilihan Nikmat dengan Lauk Udang yang Gurih

Berbicara sajian kuliner nasi campur, maka bisa dikatakan jenis nasi ini sudah sangat dikenal atau familier di masyarakat, bahkan biasa juga disebut dengan sebutan nasi rames. Disebut dengan nasi campur karena dalam penyajiannya nasi putih dicampur dengan berbagai lauk, seperti sambal goreng, abon, srundeng, dan berbagai lauk sesuai dengan pilihan masing-masing.

Depot Bu Rudy di PGS Surabaya (Pict: Dokumen pribadi)

Begitu pula dengan nasi campur Bu Rudy yang sudah terkenal karena rasa lezatnya, dalam satu porsi nasi campur disajikan nasi putih, mie goreng, sayur, tumis tahu tempe, telor ayam kare, tahu kare, udang crispy goreng, dan tidak lupa sambal khas Bu Rudy yang super pedas. Yang membedakan dibanding nasi campur lainnya adalah udang crispynya yang renyah karena digoreng garing.

Sebenarnya yang disediakan tidak hanya nasi campur saja, namun beraneka menu, seperti udang, empal, nasi campur, nasi pecel, nasi rawon, rujak cingur, dan nasi bakar.

Akhirnya duduk disini (Pict: Dokumen pribadi)

Di depot utama yang berada di Jalan Raya Dharmahusada Indah No. 140, Kelurahan Mojo, Gubeng, malah banyak menu yang bisa Anda nikmati seperti menu nasi udang spesial Bu Rudy yang terdiri atas udang kering dengan kremes, oseng bumbu wortel buncis, daging suwir dan telor bumbu bali atau bumbu kare.

Selain memesan nasi campurnya yang nikmat, sebagai oleh-oleh yang menjadi favorit anak gadis Saya yang sangat menyukai sambal khas Bu Rudy, maka Saya bawakan sambal hijau, sebenarnya terdapat tiga jenis sambal, yaitu sambal bawang, sambal korek dan juga sambal hijau. Namun yang menjadi favorit adalah menu sambal hijau.

Sambal ijo khas Bu Rudy (Pict: Dokumen pribadi) 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline