Lihat ke Halaman Asli

Firmando Saragih

Tax Accounting Student

Persamaan Dasar Akuntansi Usaha Dagang

Diperbarui: 29 Desember 2019   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Persamaan dasar akuntansi PT. SPORTT STASION

Hii sobat..

Tulisan ku sebelumnya membahas terkait persamaan dasar akuntansi usaha jasa. Kali ini saya akan fokus untuk menjelasakan terkait persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang. Dari segi hasil yang dihasilkan sebuah perusahaan  jasa dan perusahaan dagang jelas berbeda. mari kita simak perbedaan diantara kedua bisnis tersebut 

a. Pengertian Akuntansi 

Akuntansi adalah sebuah seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan. beberapa praktisi juga menyebutkan bahwa akuntansi juga termasuk sebuah sistem dan teknologi seiring berkembang nya dunia bisnis. Untuk praktisi yang bekerja dalam bidang ini disebut dengan akuntan. Akuntan akan menghasilkan Laporan Keuangan yang nanti nya akan bermanfaat buat bagi pihak eksternal ataupun internal.

b. Perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang

Perusahaan jasa merupakan suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Sebagai contoh adalah Jasa pencucian mobil atau motor ataupun Jasa Advertising Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang bisnis utamanya membeli barang dari pemasok dan menjual lagi ke konsumen tanpa mengubah wujud barang tersebut untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Sebagai contoh yang biasa kita temui adalah toko kelontong dan supermarket

c. Persamaan dasar akuntansi

Persamaan dasar akuntansi merupakan hal yang paling dasar dalam mempelajari akuntansi dikarenakan persamaan dasar akuntansi merupakan alat para akuntan pendidik untuk memperkenalkan akuntansi. Sekali lagi persamaan dasar akuntansi merupakan alat untuk memperkenalkan akuntansi untuk lebih mudah bukan salah satu laporan keuangan yang disajikan oleh akuntan. 

Perbedaan Perusahaan jasa dan dagang sangatlah jelas jika dilihat dari laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan dari perusahaan dagang terdapat akun Persediaan Barang Dagang (Marchandise Inventory) yang dilaporan keuangan dan persediaan barang dagang tersebut diperoleh dari suplier bukan hasil memproduksi sendiri. 

Perusahaan yang memproduksi sediaan barang dagang (Marchandise Inventory) dari sediaan bahan baku dikelola ke sediaan dalam proses hingga menjadi sediaan barang dagang (Marchandise Inventory) biasa perusahaan ini disebut perusahaan manufaktur.

d. Rumus

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline