Lihat ke Halaman Asli

Firli NurpatihahS

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik UPI 2023 Mengadakan Sosialisasi dan Lomba Kebersihan di Desa Karangmuncang

Diperbarui: 3 September 2023   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN Tematik UPI Desa Karangmuncang 2023 (Dokpri)

Pada hari Rabu, 09 Agustus 2023 KKN Tematik UPI mengadakan sosialisasi terkait kebersihan lingkungan dengan tema “Sosialisasi Kebersihan Lingkungan yang Bersih dan Sehat untuk Pendidikan yang Berkualitas” yang bertempat di Graha Desa Karangmuncang. Sosialisasi ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan. Mengingat kebersihan dan kerapihan lingkungan sangatlah penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi masyarakat. Kegitan sosialisasi ini dihadiri oleh tiga instansi yaitu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, Dinas Kesehatan Kabupaten  Kuningan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan.

Kebersihan lingkungan erat kaitannya dengan Kesehatan. Kesehatan lingkungan erat kaitannya dengan keseimbangan antara lingkungan dan manusia. Di Kabupaten Kuningan terutama pada Desa Karangmuncang kebersihan lingkungan masih kurang kesadaran dari masyarakat setempat hal tersebut dibuktikan dengan kurangnya fasilitas kebersihan. Menurut Kemenkes dalam Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 mengenai kesehatan lingkungan menjelaskan bahwa bahwa Upaya pencegahan penyakit atau gangguan kesehatan dari factor risiko lingkungan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat baik dari aspek fisik, kimia, biologi maupun sosial. Pada hal ini kami KKN UPI Desa Karangmuncang memfokuskan mengenai kebersihan lingkungan dalam mendukung kesehatan yang baik bagi masyarakat.

Salah satu program kerja KKN TEMATIK UPI 2023 diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan guna meningkatkan pendidikan yang berkualitas tinggi. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat Desa Karangmuncang,   Kepala Desa Dede Masdeni S.Pd perangkat Desa Karangmuncang ibu kader serta karang taruna desa karangmuncang. Menurut penjelasan Oci Sarkosi, SKM, MKM selaku pemateri sosialisasi dari Dinas Kesehatan terdapat 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat diantaranya tidak membuang air besar  sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan dengan benar, pengelolaan sampah rumah tangga, pengelolaan limbah cair. Sedangkan berdasarkan pemaparan materi dari Wawan  Kurniawan,. S.IP., M.Si., selaku Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana PAUD dan Dikmas terkait pentingnya kebersihan atau Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk menunjang terselenggaranya pendidikan yang berkualitas. Pola hidup tersebut menunjang keberhasilan pendidikan jika dilakukan oleh semua pihak, diantaranya orangtua, anak-anak, dan masyarakat.

Dokumentasi KKN Tematik UPI Desa Karangmuncang 2023 (Dokpri)

Setelah sosialisasi dilakukan,  Mahasiswa KKN TEMATIK UPI 2023 mengadakan lomba kebersihan antar dusun yang diikuti oleh empat dusun di desa Karangmuncang. Penilaian tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2023 oleh perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Puskesmas Kecamatan Cigandamekar, penilaian tersebut didasarkan pada indikator yang telah kami buat yang mengacu pada aspek-aspek kebersihan lingkungan. Dengan adanya kegiatan Sosialisasi dan Lomba kebersihan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline