Lihat ke Halaman Asli

Firlin Aprianti

Ekonomi syariah

Fungsi Perbankan dalam Menunjang Perekonomian di Indonesia

Diperbarui: 24 September 2023   18:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

FUNGSI PERBANKAN DALAM MENUNJANG PEKONOMIAN DI INDONESIA

Berdasarkan definisi yang bersumber dari UU antara pengertian Bank dan Perbankan jelas memiliki perbedaan, bisa kita pahami bank adalah bentuk badan usahanya, sedangkan perbankan adalah aktivitasnya dalam pengertian yang luas secara operasional bisnis yang dilakukan oleh Bank. Pada artikel ini kita akan membahas tentang Fungsi Perbankan Dalam Menunjang Perekonomian Di Indonesia

LANDASAN HUKUM PERBANKAN DI INDONESIA.

Undang-Undang Republik Indonesia No.7 Tahun 1992 Tentang Perbankan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No.10 Tahun 1998 yang diundangkan pada tanggal 10 november 1998, lembaran negara RI tahun 1998 nomor 182

Undang-Undang Republik Indonesia No.23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No.3 Tahun 2004, yang diundangkan pada tanggal 15 januari 2004, lembaran negara RI tahun 2004 nomor 7.

ASAS, FUNGSI, DAN TUJUAN BANK DI INDONESIA.

Asas

Asas perbankan yang dianut Indonesia terdapat pada ketentuan Pasal 2 UU No.7 Tahun 1992 tentang Perbankan yang berisi "Perbankan Indonesia dalam melakukan usahanya berasaskan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip kehati-hatian". Bank dalam membuat kebijakan selalu mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku secara konsisten, dengan didasari oleh itikad baik.

Fungsi

Pada pasal 3 UU No.7 Tahun 1992 tentang Perbankan, merumuskan tentang fungsi perbankan yaitu "Fungsi utama Perbankan Indonesia adalah sebagai penghimpun dana dan penyalur dana masyarakat". Perbankan selalu berorintasi pada hal yang non-ekonomis seperti masalah menyangkut stabilitas nasional yang mencakup antara lain stabilitas politik dan stabilitas sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline