Lihat ke Halaman Asli

Arief Firhanusa

TERVERIFIKASI

Indonesian Idol RCTI diserang "Indonesian Dodol" Trans7

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13951200741723129446

Indonesian Idol 'diserang' oleh  Trans7 lewat Opera van Java (OvJ). Dan itu dilakukan beberapa kali, termasuk pada 12 Maret lalu.

Pemelesetan Indonesian Idol bisa ditilik bukan hanya dari judulnya: Indonesian Dodol, melainkan juga logo Indonesian Idol dan backsound-nya, serta nama-nama juri di sana. Anang Hermansyah menjadi Nanang Hermanto (diperankan oleh Sule). Bahkan, interview yang dilakukan oleh MC Okky Lukman pun disinggung soal Ashanty dan Aurel, istri-anak Anang.

Kemudian Ahmad Dhani (dibawakan oleh Andre) diubah jadi Mamad Dhani, dan juri perempuan, diperankan oleh Nunung, diganti menjadi Melly, entah Melly siapa, Indonesian Idol tak punya juri bernama Melly (Goeslaw). Bahkan MC Daniel Mananta pun diplesetkan jadi Daniel Menantang (diperankan Okky Lukman).

Gaya Sule saat bicara pun identik Anang, misalnya sering menyebut dirinya dengan "aku". Perilaku para kontestan audisi Indonesian Dodol pun dimirip-miripkan dengan audisi Indonesian Idol, misalnya mereka mencium tangan juri ketika diloloskan.Para kontestan pun juga dimodifikasi agar menyerempet Indonesian Idol. Misalnya nama Citra Scholastika (yang alumni Indonesian Idol) diplesetkan menjadi Citra Selokan, diperankan bintang tamu Gracia Indri.

Sampai di sini, OvJ sukses memicu tawa. Penonton -- di rumah, maupun di studio -- terhibur. Banyolan-banyolan Parto (yang diplot menjadi Raiso, plesetan dari Raisa, salah satu juri di babak audisi Indonesian Idol), Azis Gagap, Sule, dan Andre, membuat OvJ lain dari biasanya.

Ini potongan videonya:

[caption id="attachment_316052" align="aligncenter" width="400" caption="Indonesian Dodol"][/caption]

Tetapi, bila dicermati, ada spirit dendam yang menyelimuti OvJ. Atmosfernya bukan lagi parodi, tapi besar kemungkinan lantaran Indonesian Idol pernah 'menyakiti' Trans7, melalui komentar Ahmad Dhani pada "Top 15 Indonesian Idol" yang sangat terbuka memicu "perang terbuka", pada 14 Februari 2014.

Malam itu, setelah kontestan Husein Alatas menyanyikan lagu Bahasa Kalbu (milik Titi DJ), Dhani melontarkan kalimat yang menyalakan 'api permusuhan' dengan, antara lain: " ... Indonesian Idol viewer-nya banyak. Saya nggak tahu kenapa, ajang-ajang lain yang sejenis itu viewer-nya di Youtube sedikit ... " Inilah rekamannya:

[caption id="attachment_316051" align="aligncenter" width="400" caption="Indonesian Idol 2014"]

13951194001521491256

[/caption]

Padahal, kita tahu, Trans Corp punya Indonesia Mencari Bakat (IMB). Bisa jadi Trans7 solider pada saudaranya tersebut, meski TransTV sebelumnya sudah beberapa kali menyindir Indonesian Idol lewat YKS. OvJ plus YKS pun sebenarnya tidak sendiri. Ada Pesbuker Antv yang juga memarodikan Indonesian Idol lewat bahasa tubuh yang sungguh verbal. Saya belum tahu, apakah Indosiar (yang punya kontes dangdut D'Academy, juga menghajar RCTI).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline