Lihat ke Halaman Asli

Firgi Fairus

mahasiswa

Maraknya Phising di Sosial Media

Diperbarui: 16 Februari 2024   02:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Maraknya Phising di Sosial Media yang ramai diperbincangkan akhir akhir ini.

Dalam era digital seperti sekarang, Kita seringkali mendapatkan penipuan berbasis digital di dunia internet yang semakin maju ini. Hal ini membagikan dampak internet yang buruk bagi kita dibalik keberadaannya yang begitu memudahkan hidup. di balik manfaatnya yang memudahkan hidup,namun banyak sekali yang memanfaatkan keadaan.ada beberapa ancaman yang harus diwaspadai oleh pengguna internet, salah satunya adalah phising. Phising merupakan salah satu kejahatan di era digital yang digunakan para penjahat siber untuk mengambil informasi dari pengguna internet sebanyak-banyaknya. Phishing merupakan ancaman yang sangat serius dalam dunia online. 

Penyerang phishing terus mengembangkan metode mereka untuk mencuri informasi pribadi pengguna yang dapat digunakan untuk tujuan jahat.Penting sekali bagi kita untuk tetap waspada, kita harus menggunakan langkah-langkah keamanan yang tepat, dan meningkatkan kesadaran tentang phishing. 

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan, kita dapat melindungi diri kita sendiri dan melawan upaya penipuan online ini.Data yang menjadi sasaran phising itu adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit atau rekening bank).Informasi data yang diperoleh pelaku dari aktivitas phising ini kemudian dimanfaatkan untuk menipu korban. Data tersebut bisa juga dijual ke orang lain untuk melakukan tindakan tidak bertanggung jawab seperti penyalahgunaan akun.

Berikut ada  salah satu contoh korban dari Phising

Langkah awal Phising ini korban menanyakan event quizynet tersebut,karena korban sangat tertarik dengan penawaran dari pelaku pishing tersebut,lalu si korban diminta untuk mengisi data untuk mengikuti quizynet oleh si pelaku pishing tersebut,tanpa mikir lama si korban pun mengisi data data tersebut sehingga menanyakan kepada pelaku phising,bagaimana langkah selanjutnya untuk mendapatkan keuntungan tersebut.

Lalu langkah selanjutnya pelaku phising memberikan price list untuk quiznety itu  dan memberikan kode QR agar si pelaku membayar terlebih dahulu administasi yang sudah diberikan oleh pelaku phising. kemudian korban pun sangat tertarik dengan price list yang diberikan oleh pelaku,tanpa lama lama lagi si pelaku pun transfer melalui QR yang sudah diberikan oleh pelaku,pelaku pun terlihat pintar merangkai kata kata agar si korban tertarik untuk mengikuti quiznety itu. 

Lalu pelaku menawarkan tawaran dengan cara korban harus transfer 100k,ketika korban transfer 100rb ia akan mendapatkan uang 400rb,sangat menarik tawaranya menurut korban,pelaku sengaja menawarkan yang 100rb karena agar mendapatkan lebih banyak untungnya dengan alesan yang 50rb nya itu sudah habis sehingga tersisa yang 100rb,si korban pun percaya dan transfer ke pelaku.

Setelah korban berhasil transfer ke pelaku,pelaku langsung memblokir media sosial si korban karena pelaku sudah mendapatkan uang dari korban tersebut.langsung saja korban konfirmasi di wa kepada instagram pelaku,ternyata instagram tersebut sudah di ambil alih oleh Phising,namun si pemilik instagram tersebut heran kepada si korban,kwrena instagram tersebut sudah tidak lagi digunakan oleh teman nya tersebut.

Makanya semua orang harus berhati-hati sebelum klik tautan - ketika anda dikirimkan tautan oleh orang yang tidak dikenal, lebih baik untuk memeriksa terlebih dahulu link yang dikirimkan apakah memang berasal dari situs resmi atau tidak dan tidak sembarangan membuka link atau tautan yang dikirimkan. Lalu Update browser & gunakan firewall - update browser anda secara berkala untuk meningkatkan keamanan dalam browsing situs dan aktifkan selalu firewall perangkat anda untuk mencegah para phisher untuk menyerang network dan komputer anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline