Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Unsika 2024 Menyelenggarakan Sosialisasi Kewirausahaan dan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Pasirtanjung

Diperbarui: 16 Juli 2024   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama dengan peserta Sosialisasi Kewirausahaan dan Pemasaran Produk UMKM Di Era Digital (Dokpri)

Mahasiswa KKN Universitas Singaperbangsa Karawang tahun 2024 telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang berfokus pada kewirausahaan dan digitalisasi pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kewirausahaan dan keterampilan para pelaku UMKM dalam mengelola bisnis mereka secara digital dan meningkatkan visibilitas produk mereka melalui platform e-commerce.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Universitas Singaperbangsa Karawang bekerjasama dengan Alumni Universitas Singaperbangsa Karawang yang bernama Bagas Mahaputra, S.Ak sebagai pemateri sekaligus pelaku UMKM yang sudah terdigitalisasi dan memiliki pengalaman yang cukup mumpuni dalam bidang wirausaha.

Sambutan dari perwakilan perangkat desa dan pengenalan pemateri sosialisasi (Dokpri)

Kegiatan Utama

Kegiatan utama sosialisasi ini meliputi pembahasan utama mengenai pengertian bisnis yang didefinisikan sebagai segala aktivitas yang dilakukan oleh individu atau organisasi untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen. Serta terkait perbedaan antara bisnis dan kewirausahaan yaitu, dalam hal mengidentifikasi peluang, mengalokasikan sumber daya, dan berani mengambil resiko.

Namun, keduanya sama-sama memiliki tujuan dalam menghasilkan keuntungan berupa menggerakan perekonomian, membuka kesempatan kerja, dan menumbuhkan kemandirian ekonomi masyarakat Desa.

Kemudian, kegiatan ini juga menjelaskan mengenai cara mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha melalui sikap jujur, kerjasama tim, memahami tren dan kebutuhan pasar, menganalisa perilaku konsumen, dan berani mengambil resiko. Adapun beberapa poin tambahan terkait strategi pemasaran produk UMKM dengan pemanfaatan digitalisasi, diantaranya sebagai berikut:

1. Digitalisasi Pemasaran 

Pemateri menyampaikan terkait pentingnya digitalisasi dalam pemasaran UMKM. Mereka memaparkan cara menggunakan platform Shopee, Tokopedia dan Lazada. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

2. Platform Media Sosial 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline