Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Firdaus

Mahasiswa di UINSSC Universitas Islam Negri Siber Syekh Nurjati Cirebon

Akhlakul Karimah: Fondasi Pendidikan Pesantren di Masa Lalu

Diperbarui: 8 Desember 2023   19:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Benda-alhikmahdua.net

Pendahuluan

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Keberadaannya telah ada sejak abad ke-15 M, bersamaan dengan masuknya agama Islam ke Nusantara. Pada awal mulanya, pesantren didirikan oleh para walisongo untuk menyebarkan agama Islam dan mengajarkan ilmu-ilmu agama dengan sistem halaqoh sederhana.

Salah satu aspek penting yang diajarkan di pesantren adalah akhlakul karimah. Hal ini karena akhlak merupakan cerminan dari kepribadian seseorang. orang yang memiliki ahlakul karimah akan menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pembahasan

Pendidikan akhlak di pesantren pada masa lalu difokuskan pada penanaman Nilai-nilai moral dan spiritual. Nilai-nilai moral yang diajarkan antara lain kejujuran, amanah, tanggung jawab, tolong-menolong, dan menghormati orang lain. Nilai-nilai spiritual yang diajarkan antara lain adalah cinta kepada Allah SWT, cinta kepada sesama, dan cinta kepada alam semesta.

Pendidikan akhlak di pesantren dilakukan melalui berbagai metode, antara lain :

Pengajian kitab kuning

Kitab kuning merupakan kitab-kitab klasik yang berisi ilmu-ilmu agama Islam. Dalam kitab kuning, banyak dibahas tentang nilai-nilai moral dan spiritual. Para santri diwajibkan untuk mempelajari kitab kuning di bawah bimbingan kiai atau ustaz. 

Praktek ibadah

Praktek ibadah merupakan salah satu cara untuk menanamkan Nilai-nilai moral dan spiritual. Melalui ibadah, santri dilatih untuk disiplin, dan saling tolong-menolong, Hal ini dapat membentuk karakter yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline