UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) adalah istilah yang sudah umum dalam bidang ekonomi yang mengarah pada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008.
UMKM artinya bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM dapat didasarkan melalui batasan omzet pendapatan per tahun, jumlah kekayaan aset, serta jumlah pegawai.
Dengan mengusung tema KKM-DR (Kuliah Kerja Mahasiswa dari Rumah) UIN Malang yaitu Moderasi Beragama dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi, Pokja (kelompok kerja) kami yang mengabdi di desa Sumberagung, Kec. Ngantang, Kab. Malang. mempunyai program kerja yang mengarah pada bidang ekonomi dan teknologi untuk meningkatkan promosi produk UMKM yang ada di desa tersebut.
Berhubung anggota Pokja kami dari berbagai jurusan, maka anggota yang jurusan perbankan syariah dan teknik informatika memadukan ilmu yang telah dipelajarinya dari kampus untuk meningkatkan promosi UMKM di desa Sumberagung. Dengan mengusung ide digitalisasi marketing untuk UMKM yang ada di desa Sumberagung, khususnya UMKM Kopi dan Batik.
Sebelum membicarakan secara rinci mengenai digitalisasi marketing, kita harus lebih paham mengenai penjelasan marketing. Marketing adalah usaha untuk mengenalkan produk kepada konsumen atau masyarakat.
Dasar dari marketing adalah aktivitas yang dapat membangun sebuah brand atau reputasi. Upaya yang dilakukan terdapat beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan hingga strategi pengembangan produk.
Marketing adalah ujung tombak sebuah bisnis dan berperan besar bagi perkembangan sebuah bisnis. Bahkan, dapat dikatakan tidak akan ada bisnis yang sukses tanpa strategi marketing yang baik.
Manfaat marketing adalah dapat meningkatkan penjualan, mengembangkan produk, membangun hubungan baik dengan konsumen, serta tentunya menjadi sarana melakukan branding.
Untuk mendapatkan manfaat marketing tersebut, perlu dilakukan riset pasar, analisis, dan pencarian pelanggan yang ideal. Bahkan, marketing adalah proses yang dimulai dari pengembangan produk, metode distribusi yang akan dilakukan, penjualan produk atau jasa, hingga periklanan.
Perkembangan teknologi membuat definisi marketing meluas. Saat ini ada dua jenis marketing atau pemasaran, yaitu marketing online dan offline. Bagi para pelaku bisnis, tentunya penting untuk terus menggunakan strategi marketing yang up-to-date seiring perkembangan zaman.