Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Membantu Merencanakan Pembuatan TPQ Dusun Cepit, Desa Pagergunung

Diperbarui: 15 Februari 2024   20:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Gambar Desain TPQ Dusun Cepit/Dokpri

Temanggung (8/02/2024) - Desa Pagergunung merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Desa Pagergunung terdapat 4 Dusun yaitu Dusun Cepit, Dusun Tlodas, Dusun Petiran, dan Dusun Pongangan. Berbagai kegiatan masyarakat berlangsung di desa ini tak terkecuali kegiatan untuk anak-anak. Pembangunan TPQ di salah satu dusun di Desa Pagergunung yakni Dusun Cepit yang sedang berlangsung saat ini menjadi jawaban atas permasalahan tersebut.

Pendidikan Agama menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai spiritual masyarakat. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, keberadaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) menjadi landasan utama untuk menjaga keberlangsungan pendidikan agama di tingkat desa. Melalui TPQ, generasi muda dapat memperoleh pemahaman agama yang baik sejak dini.

Bangunan TPQ di Dusun Cepit sudah ada dan berdiri, tetapi hanya bangunan lantai 1 saja. Tingginya antusias dan semangat anak-anak yang mengikuti kegiatan mengaji di Dusun Cepit, kepala dusun setempat berencana menambah bangunan TPQ dengan membangun lantai 2. Kepala dusun bertekad menciptakan lingkungan belajar mengaji yang inspiratif, seru, dan inklusif bagi anak-anak Dusun Cepit.

Pembuatan desain bangunan TPQ Dusun Cepit lantai 2 menjadi salah satu program yang dilakukan mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro. Proses pembuatan desain ini dimulai dengan survei bangunan TPQ Dusun Cepit, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data untuk merencanakan bangunan lantai 2 nya. Setelah data dikumpulkan, dilakukan pembuatan desain bangunan TPQ lantai 2. Dalam pembuatan desain juga dilakukan diskusi dengan pihak desa terkait gambar desain bangunan tersebut.

Setelah desain bangunan TPQ Dusun Cepit selesai dibuat, dilakukan pemaparan mengenai bangunan lantai 2 dan konsep desainnya untuk ditindaklanjuti dalam pembuatan bangunan TPQ Dusun Cepit lantai 2. Diharapkan bangunan TPQ ini tidak hanya menjadi tempat pembelajaran agama, tetapi juga menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya bagi masyarakat Desa Pagergunung khususnya Dusun Cepit. Melalui pendekatan yang holistik ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran agama dan kualitas kehidupan spiritual di tengah-tengah masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline