Google Dokumen atau yang disebut Google Docs merupakan sebuah tools yang berfungsi untuk membuat dokumen. Tools ini dikembangkan langsung oleh perusahaan raksasa Google.
Sebagai seorang content writer, saya selalu menggunakan Google Docs untuk membuat dan mengedit konten tulisan sebelum dikirimkan kepada klien. Saya sangat merekomendasikan tools ini yang bisa membantu pekerjaan kamu sebagai seorang penulis. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa Google Docs menjadi tools terbaik bagi seorang penulis :
Bisa Langsung Menulis Tanpa Harus Install Aplikasi
Google Docs memang ada aplikasinya, tapi itu hanyalah optional. Tanpa harus mendownload dan menginstall aplikasi pun, Google Docs sudah bisa langsung digunakan untuk menulis asalkan terhubung dengan jaringan internet.
Selain itu, penggunaan Google Docs juga tidak membutuhkan lisensi apapun karena bersifat open source. Siapapun bisa menggunakannya tanpa harus membayar lisensi dan tidak perlu setting ini dan itu, langsung pakai saja.
Tentu saja hal ini sangat membantu para content writer atau siapa saja yang membutuhkan aplikasi/tools untuk menulis. Tinggal buka docs.google.com di browse, klik buka dokumen baru, lalu nulis deh. Gampang banget kan?
Tulisan Otomatis Tersimpan
Namanya juga manusia, kadang-kadang suka lupa menyimpan tulisan. Namun jika kamu menggunakan Google Docs, hal seperti itu nggak perlu dikhawatirkan.
Karena di Google Docs tulisan yang kamu buat secara otomatis akan tersimpan selama terhubung dengan internet. Jadi kamu nggak perlu bolak balik menekan tombol save.
Nggak ada lagi cerita saat tiba-tiba mati lampu, tulisanmu menjadi hilang karena belum tersimpan. Setiap huruf per huruf yang kita ketik, secara otomatis langsung tersimpan.