A. Pengertian pendidikan Eksisitensialis
B. Tokoh-tokoh aliran eksistensialisme dan pemikirannya
1. Soren kierkegaard
Ia lahir di Denmark pada tanggal 5 Mei 1813 sebagai anak bungsu dari 7 bersaudara, kierkegaard setelah di sekolah Putra yang Prestisius ia melanjutkan Pendidikannya di Universitas Kopenhagen. Awalnya ia tertarik pada pemikiran Hegel yang telah populer dikalangan Eropa waktu itu, tapi kemudian kierkegaard mengkritik Pemikiran Hegel menurutnya "manusiFilsafat eksistensialisme ini termasuk abad yang yang 19 dan termasuk filsafat baru, dalam bahasa jerman eksistensialisme ini suatu yang paling berharga dan yang asli dalam diri manusia. Aliran Eksistensialisme ini lahir karena ketidak puasan terhadap filosof yunani seperti tentang spekulasi manusia, misalnya pemberontakan terhadap alam yang imporsonal yang memandang manusia terbelenggu dengan aktivitas teknologi yang membuat manusia kehilangan hakikat hidupnya.
Implikasi aliran eksistensialisme pada pendidikan
1. Tujuan pendidikan
Mewujudkan eksistensi pada peserta didik sebagaimana yang dialami oleh peserta didik
2. Kurikulum
Memberikan perhatian besar terhadap humaniora dan seni
3. Metode
Metode ny yaitu pemecahan masalah