Probolinggo, kompasiana.com - Mahasiswa MMD Universitas Brawijaya 2024 Kelompok 42 dengan Dosen Pendamping Lapangan Ibu Dr. Umu Sa'adah, M.Si., menyelenggarakan program kerja peningkatan literasi keuangan untuk siswa SD kelas 4. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari 12 program kerja yang dilaksanakan di lokasi kegiatan pengabdian masyarakat.
Program ini dilaksanakan kepada puluhan siswa SD pada Sabtu, 20 Juli 2024 lalu dengan judul kegiatan yaitu "Peningkatan Literasi Keuangan Melalui Fun Games Learning Pada Siswa Kelas 4 SDN Sebaung 1 sebagai Langkah Mewujudukan Generasi Cerdas Keuangan".
Literasi keuangan merupakan keterampilan hidup yang penting untuk dimiliki dalam melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Menurut OJK, hal ini sangat penting untuk segera disampaikan sedini mungkin karena pengetahuan dan pengalaman keuangan yang ditanamkan akan dapat diserap dalam diri anak yang dapat menjadi karakter dan dapat membentuk kebiasaan mengelola uang di masa depan sebagai budaya yang baik. Alasan tersebut juga menjadi alasan penting mengapa kelompok 42 MMD UB melaksanakan kegiatan pengabdian berupa peningkatan literasi keuangan pada siswa SD.
Kegiatan pengabdian ini diawali dengan kegiatan penyampaian materi tentang dasar-dasar manajemen keuangan yang terdiri dari pengeloaan keuangan atau anggaran, kebiasaan menabung, dan mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Pelaksanaan kegiatan penyampaian materi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai literasi keuangan sehingga dapat membuat keputusan yang baik dan bijak serta juga dapat mencapai kesejahteraan dan financial baik sejak usia dini maupun di masa depan.
Kegiatan peningkatan literasi finansial di SDN Sebaung 1 disamput dengan antusiasme yang tinggi dari para murid sekolah dasar yang mengikuti kegiatan edukasi finansial yang diselenggarakan mahasiswa MMD UB Kelompok 42 kali ini. Begitu pula dengan kepala sekolah dan guru yang menyambut hadirnya kegiatan ini di sekolah.
Selain penyampaian materi, kegiatan ini juga mengajarkan mengenai praktik pengeloaan uang. Siswa dapat mengisi tabel alokasi anggaran yang telah disediakan oleh pemateri dengan kebutuhan ataupun keinginan yang mereka perlukan dengan uang yang mereka miliki.
Selain itu, terdapat pula sesi games literasi keuangan yang terdiri dari 2 macam games. Pertama, games kebutuhan dan keinginan , dalam pelaksanaannya pemateri penampilkan berbagai gambar yang terdiri dari kebutuhan dan keinginan untuk anak sekolah. Saat muncul satu gambar di layar siswa dapat menjawab apakah gambar tersebut termasuk kebutuhan atau keinginan.
Selanjutnya, terdapat games benar dan salah. Pada kegiatan ini, penulis menguji pula tingkat kepahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan dengan memberikan pernyataan kemudian siswa dapat menjawab dengan jawaban benar atau salah terhadap pernyataan tersebut.