Lihat ke Halaman Asli

Pembuatan Vertical Garden oleh Mahasiswa PMM UMM di TK Al-Fathimiyah Pendem Batu

Diperbarui: 20 Februari 2023   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dewasa ini, pemahaman anak-anak tentang pentingnya edukasi menanam tumbuhan masih sangat minim. Apalagi di era global ini anak-anak cenderung lebih tertarik terhadap HandPhone. Kita sebagai orang yang lebih dewasa tentunya harus mengarahkan anak-anak supaya peka terhadap lingkungan sekitar. 

Pada kali ini mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang melakukan PMM (Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa) ini membuat sebuah Vertical Garden di TK Al-Fathimiyah yang ber-alamat di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu. 

Hal ini dilakukan oleh mahasiswa PMM UMM kelompok 84 gelombang 13 dengan Dosen Pembimbing Lapang bapak Ganjar Adhywirawan Sutarjo, M. P. Pembuatan vertical garden ini bermula ketika mahasiswa UMM ini sedang menyurvey lokasi PMM dan melihat kondisi TK yang masih using dengan kurangnya tanaman di sekitar. Hal ini membuat mahasiswa UMM tertarik untuk membuat lingkungan TK Al-Fathimiyah lebih asri dan hijau sehingga oksigen yang ada bisa semakin baik untuk lingkungan belajar. 

Proses pembuatan vertical garden ini tentunya dengan melibatkan para peserta didik TK Al-Fathimiyah. Mahasiswa UMM mengajari anak-anak untuk menanam bersama. Pembuatan vertical garden ini membutuhkan bahan yaitu botol bekas sebagai bahan utama, cat air, kuas, tali, tanah, tumbuhan, kompos serta sekem. Botol bekas ini di daur ulang sebagai pot tanaman yang di isi oleh tanaman dan nantinya akan digantung ditempelkan ke tembok. Adanya proses menanam dengan dilakukan pengecatan botol bekas terlebih dahulu dan proses menanam dengan 4 langkah yaitu yang pertama tanah, kedua dengan kompos, ketiga dengan di isi tanaman, dan proses terakhir yaitu ditimpa dengan sekem. 

Anak-anak TK Al-Fathimiyah sangat senang dengan adanya belajar diluar ruangan ini karena hal ini akan berpotensi menimbulkan rasa cinta terhadap tanaman dan selalu menjaga lingkungan sekitar. Kondisi ini juga membuat anak-anak bias membantu orang tuanya dirumah menanam tanaman sehingga hal ini akan bermanfaat dalam jangka Panjang.

Mahasiswa UMM berharap dengan adanya vertical garden ini menambah semangat belajar para peserta didik dan bisa bermanfaat banyak untuk TK Al-Fathimiyah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline