Lihat ke Halaman Asli

Firda Rizka Rachma Wahdani

Content Writer Specialist | Freelance Writer

Kelompok KKN UNUGIRI Bojonegoro Gelar Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme

Diperbarui: 23 Agustus 2023   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Source: Kelompok 4 KKN UNUGIRI)

Eco Enzyme bisa diartikan sebagai cairan serba guna yang dibuat dari hasil fermentasi sisa buah dan sayuran, kemudian dicampur dengan air dan gula merah. Setelah melewati beberapa proses, hasil akhirnya berupa cairan dengan warna kecoklatan dan aroma asam yang segar.

Eco Enzyme memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sebagai pupuk organik yang menyuburkan tanaman, melainkan juga sebagai pengharum ruangan, obat kumur, mencegah jamur kulit, eksim, bahkan karang gusi dapat berangsur bersih bila rajin berkumur dengan ecoenzyme. Demikian juga ketombe dapat dicegan bila sampo dicampur dengan Eco Enzyme saat keramas.

Fazat Fairuzia, S.P., M.Si. menjadi pemateri utama dalam pelatihan pembuatan pupuk organik oleh mahasiswa Kelompok 4 KKN UNUGIRI Bojonegoro di Dukuh Mantup Desa Drajat Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (05/08/2023).

Pemateri yang merupakan Dosen Universitas Sunan Muria Kudus itu mengarahkan para petani dalam pembuatan Eco Enzyme. Adapun langkah-langkah pembuatan Eco Enzyme secara sederhana adalah sebagai berikut.

(Source: Kelompok 4 KKN UNUGIRI Bojonegoro)

1. Ukur sampah organik, gula, dan air dengan perbandingan 3:1:10. Sampah organik bisa berupa kulit buah lunak atau sayuran.

2. Potong sampah organik menjadi potongan kecil dan masukkan ke dalam wadah plastik yang sudah berisi campuran air dan gula.

3. Aduk dan tutup wadah sampai kedap udara. Sisakan ruang untuk gas yang dihasilkan saat fermentasi.

4. Biarkan wadah selama tiga bulan di tempat yang teduh.

5. Setelah itu, saring cairan dan ecoenzyme siap digunakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline