Lihat ke Halaman Asli

Firda Rizka Rachma Wahdani

Content Writer Specialist | Freelance Writer

Menuju Satu Abad NU, PC ISNU Bojonegoro Gelar Seminar dan Konfercab

Diperbarui: 25 Desember 2022   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bupati Bojonegoro Membuka Acara Seminar PC ISNU Bojonegoro (Dok. RRW)

Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Pimpinan Cabang gelar Konferensi Cabang V di Hasyim Asy'ari Hall, UNUGIRI Bojonegoro, Minggu (25/12/2022). Kegiatan tersebut dirangkai dengan seminar yang dihadiri secara langsung oleh Bupati Bojonegoro, Ketua PCNU Bojonegoro, perwakilan PW ISNU Jawa Timur, delegasi Pimpinan Anak Cabang (ISNU) dari berbagai kecamatan di Bojonegoro, mahasiswa UNUGIRI Bojonegoro, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Ketua PCNU Bojonegoro, H. Saifuddin Idris, M.M. mengucapkan selamat dan sukses untuk PC ISNU Kabupaten Bojonegoro atas konferensi yang kelima. "Terima kasih atas sumbangsihnya kepada PCNU. ISNU Memiliki banyak potensi, semoga dapat memberikan kontribusi dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, khususnya di Bojonegoro," pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Muawanah. Bupati Anna menyampaikan bahwa setiap orang penting untuk memiliki etika, dan ISNU memiliki nilai-nilai moralitas yang harus dikembangkan."Semoga kedepannya ISNU memiliki bank data mengenai latar belakang pendidikan, baik dari regional Bojonegoro, luar kota, bahkan luar negeri. Hal ini bertujuan untuk menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat," ungkapnya.

Beliau juga menghimbau kepada seluruh anggota ISNU untuk bersiap diri dalam menghadapi era baru. "Kita harus mau belajar hal-hal baru, khususnya berkaitan dengan digitalisasi," imbuhnya. Pada kesempatan tersebut, Bupati Anna sekaligus membuka Konfercab pada pagi ini. Para hadirin sangat antusias mengikuti acara, sebab panitia telah menyediakan banyak hadiah menarik.

Seminar Membangkitkan Perekonomian Umat (Dok. RRW)

Kemudian dilanjutkan dengan seminar dalam rangka membangkitkan perekonomian umat bertajuk "Menuju Satu Abad NU, Kebangkitan Sarjana Kebangkitan Baru NU". Seminar yang dimoderatori oleh Nasruli Chusna. Narasumber yang diundang pada kesempatan ini sangat kompeten dalam bidang perekonomian, di antaranya adalah Tarwan M. Said (Founder Tamosa Resto & Hits Chicken) dan Zainal Fanani (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro).

Narasumber pertama, Tarwan membahas tentang strategi memulai bisnis, mulai dari observasi kebutuhan pasar hingga akhirnya menekuni sebuah usaha kuliner. "Tipsnya adalah cepat beradaptasi dan mau berinovasi," ungkapnya. Dilanjutkan dengan pemaparan narasumber kedua, Zainal Fanani. Beliau membahas tentang peran sarjana NU dalam kebangkitan ekonomi umat. Beliau berharap nantinya akan ada kios pupuk non-subsidi yang bisa membantu para petani. "Harapannya ISNU memiliki badan usaha, sehingga dapat maju dan berkembang dan berkelanjutan," pungkasnya.

Usai sesi diskusi dan tanya jawab, saatnya PW ISNU Jawa Timur, Mohammad Dawud memimpin rapat pleno Konferensi Cabang V PC ISNU Bojonegoro. "PC ISNU Bojonegoro menduduki ranking nomor 2 terbaik se-Jawa Timur. Kami terus memantau perkembangan dan kemajuan dari ISNU, salah satunya yang terbaik ada di Bojonegoro," ungkapnya.

KonferCab PC ISNU Bojonegoro Ke V (Dok. RRW)

Mohammad Dawud memimpin jalannya sidang Pleno pertama hingga keempat, yaitu pemilihan Ketua dan Formatur PC ISNU Bojonegoro masa khidmat 2023-2027. Sidang Pleno keempat berlangsung cukup alot. Semua hadirin berhak menyampaikan pendapatnya. Seluruh anggota sidang Pleno sepakat untuk memilih Dr. Yogi Prana Izza, Lc., M.A. untuk melanjutkan masa khidmatnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline