Lihat ke Halaman Asli

Firda Rizka Rachma Wahdani

Content Writer Specialist | Freelance Writer

Beasiswa BI 2022 Resmi Dibuka, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Diperbarui: 18 Maret 2022   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Opening Beasiswa BI 2022/Dok Bank Indonesia Jatim

Bank Indonesia merupakan bank sentral yang turut berperan dalam presidensi G20. Berkaitan dengan hal tersebut, Bank Indonesia gencar menggelontorkan dana pendidikan kepada mahasiswa seluruh Indonesia, guna menciptakan generasi yang unggul. 

Di sisi lain, tujuan dari beasiswa Bank Indonesia adalah (1)Meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembagunan, dan daya saing bangsa; (2)Memberikan motivasi generasi muda dalam menyelesaikan pendidikan tinggi; (3)Mengembangkan komunitas mahasiswa berwawasan kebanksentralan untuk menjadi frontliners, change agents & future leaders; serta (4)Untuk mengoptimalkan potensi dan prestasi dalam menhasilka SDM yang mandiri dan produktif.

Jumat (18/03/2022) seleksi beasiswa Bank Indonesia periode 2022 resmi dibuka. Acara tersebut diawali dengan seremonial dan webinar yang diadakan secara virtual dan diikuti oleh seluruh mahasiswa dari Sabang sampai Merauke. Adapun syarat dan ketentuan seleksi beasiswa Bank Indonesia 2022 adalah sebagai berikut.

  • Pendaftar adalah mahasiswa aktif program S1/D4/D3 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa atau surat keterangan aktif.
  • Minimal telah menyelesaikan 40 SKS atau 3 semester untuk jenjang S1/D4, atau 24 SKS untuk jenjang D3.
  • Mahasiswa menerima beasiswa paling lama 4 semester (S1/D4) dan 3 semester (D3).
  • Maksimal berusia 23 pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa.
  • Tidak sedang menerima beasiswa atau status ikatan dinas dari instansi lainnya.
  • Memiliki pengalaman dalam aktivitas sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.
  • Bersedia untuk berperan aktif, mengelola, dan mengembangkan Generasi Baru Indonesia (GenBI), serta berpartisipasi dalam kegiatan ydang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Sembilan perguruan tinggi yang bekerjasama dengan KPwBI Jawa Timur adalah ITS, UNAIR, UNESA, UTM, UINSA, UPN Veteran Jawa Timur, IAIN Madura, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan UNUGIRI Bojonegoro. Komposisi program beasiswa tersebut terdiri dari Beasiswa S1 Unggulan sejumlah 30 mahasiswa, Beasiswa S1 Reguler sejumlah 75 dan 50 mahasiswa, dan Beasiswa Vokasi D4/D3 sejumlah 25 mahasiswa.

Secara umum, dokumen-dokumen yang harus disiapkan sama seperti dengan beasiswa lainnya, meliputi dokumen umum dan tambahan. Dokumen umum, terdiri dari biodata diri yang dapat diambil di bagian Kemahasiswaan, foto kopi kartu identitas yang masih berlaku, foto kopi KHS, foto kopi berkasi prestasi lainnya, curriculum vitae, dan surat keterangan aktif sebegai mahasiswa.

Dokumen tambahan untuk program beasiswa regular dan vokasi, meliputi motivation letter dalam bahasa Indonesia, Surat Keterangan Tidak Mampu (Tidak wajib), dan surat rekomendasi dari satu tokoh akademik/non-akademik. Sedangkan dokumen tambahan untuk program beasiswa unggulan, terdiri dari surat rekomendasi dari dua tokoh akademik dan non-akademik, foto kopi dokumen pendukung TOEFL/IELTS, dan motivation letter dan rencana karier setelah menyelesaikan studi sarjana dalam bahasa Inggris.

Keunggulan dari program beasiswa Bank Indonesia 2022 ini dibanding dengan program beasiswa lainnya adalah nantinya kalian yang lolos seleksi akan mendapatkan mentoring pengembangan kompetensi seperti di bawah ini.

  • Leadership Camp
  • Communications Training & Workshop
  • Social Assessment Survey
  • Work Internship
  • Sharing Session dengan ADG
  • Coaching persiapan dengan dunia kerja
  • Dialog dengan Inspiring Leader

Catat tanggal pentingnya yaa, kawan. Goog Luck ^_^

(RRW)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline