Lihat ke Halaman Asli

Desain Pembuatan Alat Permainan edukatif Anak

Diperbarui: 17 November 2021   20:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo semua ketemu lagi bersama mimin ;) jadi materi kali ini mimin alkan memberitahu kalian bagaimana cara membuat alat permainan edukatif yang tentunya akan menarik perhatian anak guna menunjang proses belajar anak usia dini. Sebelumnya teman-teman harus tahu bahwasannya anak-anak itu belajar dengan sangat efektif dan juga sangat aktif dengan menggunakan yang namanya media belajar baik itu buku, permainan maupun lainnya. 

Namun disini media yang diperlukan untuk meningkatkan semangat anak dalam belajar adalah dengan menghadirkan media permainan yang tentunya akan menyenangkan dan juga menarik perhatian anak namujn tetap memiliki nilai edukasi.

Alat permainan edukatif merupak alat permainan yang sangat bagus sekali untuk dimainkan anak. permainan edukatif ini memiliki banyak sekali manfaat baik itu untuk hiburan maupun pembelajaran bagi anak. apabila kita sebagai orangtua mengetahui bagaimana pentingnya permainan edukatif bagi anak maka kita sudah membantu anak dalam proses mengoptimalkan aspek perkembangannya.

Nah disini biar teman-teman semua bisa membuat atau mendesai alat permainan edukatif sendiri dirumah untuk anak kita, ponakan, adik, tetangga dan lainnya yang tentunya tidak menggunakan budget yang besar. Dengan mengandalkan berbagai barangdisekitar kita juga kita sudah bisa membuat alat permainan edukatif.

Jangan dulu di skip yaa karena mimin akan mengajarkan teman-teman semua bagaimana membuat alat permainan balok. Ayoo

Permainan Balok merupakan permainan yang bisa terbuat dari karton, plastic, kayu, dan lainnya namun disini tips cara pembuatan mini baloknya adalah balok yang berbahan dasar kayu. Balok sendiri memiliki berbagai bentuk seperti segitiga, segiempat, persegi Panjang, setengah lingkaran dan bentuk geometri lainnya, yang dimana agar terlihat menarik maka harus dicat dengan warna yang menarik perhatian anak. Permainan balok ini bagus untuk dimainkan oleh anak yang berusia 1-6 tahu. 

Jika teman-teman belum tahu manfaat dari permainan balok teman-teman beruntung karena sudah mampir di sini. Jadi permainan balok ini memiliki manfaat yang baik sekali untuk mengoptimalkan aspek perkembangan anak baik itu kognitif, motoric kasar maupun halus, bahasa. Mengapa bisa seperti itu? 

Jadi pada saat anak bermain balok maka memori otak anak akan merekam bagaimana bentuk dari masing-masing balok dan juga warna apa saja tiap balok tersebut bagi anak yang berusia 3 tahun keatas namun untuk anak yang berusia 1 tahun lebih pada untuk melatih indra anak. Selain itu pada saat anak-anak bermain balok mata dan juga jari tangan anak akan bekerja sama sehingga itu baik untuk motoric halus anak. untuk motoric kasarnya anak akan melempar balok, meruntuhkan balok yang dimana itu berkaitan dengan motoric kasar anak.

Sudah tahu manfaat permainan balokkan mari kita lanjut ke pembuatan balok.

Jadi yang pertama teman-teman semua perlu untuk menyiapkan berbagai alat dan bahan yang diperlukan diantaranya

  • balok yang belum terpotong
  • spidol atau alat tulis lainnya yang sekiranya bisa untuk ditulis
  • mistar yang berfungsi untuk mengukur balok
  • gergaji atau pemotong kayu lainnya
  • cat warna disini teman-teman bebas mau memberikan warna apa saja sesuai dengan keinginan teman-teman.
  • Kuas

Setelah semua alat dan bahan disiapkan mari kita lanjut ke tahap pembuatan. Untuk pembuatannya sendiri mudah untuk dilakukan namun harus tetap berhati-hati karena disini kita menggunakan gergaji atau pemotong yang apabila ketika kita tidak hati-hati dalam melakukan maka akan berdampak buruk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline