Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Lebih dalam Siapakah Jean Piaget

Diperbarui: 20 Maret 2021   01:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Asumsi Dasar Piaget
Sebelum melangkah pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Jean piaget ini sendiri perlu kita kenali terlebih dahulu siapa sebenarnya Jean piaget ini. 

Berbicara tentang Jean piaget beliau dikenal sebagai salah seorang yang amat sangat luar biasa dimana beliau merupakan seorang filsuf, ilmuah dan juga namanya sangat terkenal perkembangan anak yang dimana beliau adalah salah seorang yang mengemukakan bahwasannya perkembangan anak itu perlu kita lihat dari perkembangan otak anak atau yang biasa ia sebut dengan perkembangan kognitif dalam dunia perkembangan anak namanya bukanlah suatu hal baru karena beliau sangatlah berperan penting dalam perkembangan kognitif anak. 

Kemudia mari kita masuk pada latar belakang kehidupannya yang dimana piaget ini adalah seorang yang lahirnya di Swiss pada tanggal 9 Agustus 1896 yang dimana ia mempunyai nama lengkap yang mungkin kita jarang mendengarnya karena banyak orang yang mengenalnya dengan nama piaget. Jadi nama asli atau nama panjangnya adalah Jean William Fritz Piaget. 

Dikarenakan beliau adalah pencetus dari aspek perkembangan kognitif anak beliau juga menetapkan beberapa hal yang menurutnya menjadi sebuah landasan yang benar-benar harus dipahami dan diresapi mengenai anak-anak. beliau menetapkan terdapat beberapa hal yang menjadi asumsi dasar yakni;

* Jean Piaget menyatakan bahwa usia anak-anak adalah usia dimana mereka adalah seorang pemikir yang bisa dibilang aktif dikarenakan pada usia ini anak menjadi sosok yang mudah untuk merasa tertarik akan suatu hal yang hal ini menyebabkan ia mulai memikirkan suatu hal yang ia lihat sehingga dalam otaknya ia memikirkan banyak hal.

* Anak-anak selalu mengkonstruksikan segala sesuatu berdasarkan apa yang mereka alami atau pengalaman mereka sendiri. Hal ini terjadi karena anak sendiri yang merasakan pengalaman tersebut maka dari itu anak terkadang mengkonstruksikannya.
Dalam proses pembelajaran anak itu mereka mengalami hal- hal besar didalamnya yang dimana anak akan melalui sekiranya dua proses yang mewarnai mereka yaitu asimilasi dan juga akomodasi.

*  Dalam mendukung perkembangan kognitif anak sendiri kita tidak hanya bisa mengandalkan otak saja yang dimana anak membutuhkan suatu lingkungan yang tentunya akan mendukung menjadi seorang yang tentunya cerdas. Dalam hal ini lingkungan menjadi suatu hal yang penting dalam kata lain lingkungan yang tentunya positif atau dipenuhi dengan hal-hal yang mendukung perkembangan kognitifnya bukan malah berada pada lingkungan yang selalu ada kekerasan didalamnya.

*  Apabila kita selalu menyuguhi anak dengan sesuatu yang positif maka hal itu juga sangat bagus dikarenakan ini akan membantu anak menjadi sosok yang senantiasa berpikir kompleks atau yang biasa kta sebut dengan pemikir yang aktif dan masuk akal tentunya.

Adapun tiga proses yang saling berhubungan antara pertumbuhan dan juga perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh jean piaget yaiyu;
a.  Organisasi
b.  Adaptif/ Adaptasi
 - Skema. Apakah teman-teman tahu skema itu apa? Jadi skema itu merupakan suatu teori dari jean piaget yang lebih mengarah pada suatu Tindakan ataupun mental yang berhubungan dengan pengetahuan tentunya.
- Asimilasi adalah suatu konsep yang diterapkan oleh jean piaget yang lebih mengarah pada suatu kegiatan untuk memasukan suatu informasi terbaru ke dalam skema -skema yang sebelumnya sudah ada.
- Akomodasi juga merupakan suatu konsep jean piaget yang mengarah pada bagaimana menyesuaikan skema- skema yang sudah ada yang nantinya akan diolah bersama informasi -informasi serta pengalaman yang baru
c.   Ekuilibrasi adalah suatu mekanisme yang juga diajukan oleh jean piaget dalam rangka menjelaskan bagaimana anak-anak mulai mengalami peralihan yang merupakan satu tahap berpikir menuju ke tahap pikiran yang berikutnya.

Tahapan Perkembangan yang dikemukakan oleh jean Piaget

Menurut Jean Piaget sendiri ia membagikan tahapan perkembangan kognitif anak itu dibagi menjadi empat tahapan yang tentunya disetiap tahapan memiliki berbagai hal -hal yang sangat baik untuk bagaimana perkembangan anak kedepanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline