Lihat ke Halaman Asli

Permainan Sederhana untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak

Diperbarui: 26 Maret 2020   07:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Proses pembelajaran pada anak tidak hanya bergantung pada aspek inteligenci atau kemampuan kognitif saja, tetapi juga dipengaruhi oleh aspek lain yaitu aspek perkembangan emosi dan juga sosial. sebelum melangkah pada permainannya perlu kita ketahui dulu mengenai perkembangan sosial emosional dan juga perilaku sosial. 

Perkembangan sosial emosional adalah adalah suatu proses dimana anak mengembangkan keterampilan interpersonal, belajar untuk menjalin persahabatan, meningkatkan pemahaman tentang orang diluar dirinya dan juga untuk mengembangkan moral pada anak. sedangkan perilaku sosial adalah aktivitas dalam hubungan dengan orang lain, baik dengan teman sebaya, guru, orang tua, maupun saudara-saudaranya. jadi untuk menstimulasi itu semua kita bisa menggunakan permainan sebagai medianya.

a.) Menyusun bangun ruang.

 Teknik permainannya :

1. guru hendaklah menyebarkan potongan bangun ruang keseluruh sisi kelas sebelum kelas dimulai dan juga sebaiknya hal ini tidak diketahui oleh anak, agar ini bisa menjdi kejutan untuk mereka, karena yang kita tahu bahwa anak kecil sangat menyukai kejutan.

2. saat waktu masuk kelas sudah tiba, guru harus dengan penuh semangat mengajak anak murid untuk masuk kedalam kelas, ini dilakukan agar mood anak tetap semangat.  

3. tentunya kita sebagai gurunya harus menjelaskan terlebih dahulu kepada anak didik kita mengenai cara bermain " menyusun bangun ruang".

yang berikutnya kita masuk pada cara bermain dari permainan menyusun bangun ruang tersebut.

1. agar suasananya tetap ceriah huru sebaiknya menyalakan musik yang penuh semangat agar anak-anak juga terbawa suasan. guru juga langsung menginstruksikan anak-anak untuk mencari potongan bangunan yang telah disebar keseluruh ruangan sebelumnya.

2. lalu setelah masing-masing anak mendapatkan satu potongan bangun ruang, anak langsung dikelompokan sesuai dengan warnah potongan bangun ruang yang telah mereka dapatkan.

3. anak berkumpul dengan kelompoknya dan juga anak bisa langsung mulai memulai permainan menyusun bangun ruang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline