Lihat ke Halaman Asli

Bekerja Keraslah Maka Kesuksesan Akan Menghampirimu

Diperbarui: 15 September 2019   09:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kerja keras dapat kita artikan sebagai bentuk tindakan yang bersungguh-sungguh tanpa adanya rasa ingin mundur atau pantang menyerah, dalam meraih suatu hal dan merupakan bagian dari akhlakul karimah yang harus dimiliki oleh setiap muslim, dengan bekerja kita akan memperoleh hasil dari apa yang dikerjakan. 

Dijaman yang sekarang ini banyak yang menganggap kerja keras merupakan cara lama yang tidak berpengaruh sama sekali atau tidak memeiliki dampak apapun untuk kehidupan yang akan datang, dikarenakan pemikiran kaum muda telah dihipnotis oleh sesuatu yang berbauh instan.

Padahal kodratnya manusia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya maka kita sebagai generasi muda yang berkarakter sudah seharusnya kita keluar dari zona tersebut, zona yang membuat kaum muda malas untuk bekerja keras,malas melakukan aktivitas, dan malas untuk berusaha.

  Hidup adalah sebuah perjuangan, Tanpa adanya usaha untuk bejuang dari dalam diri kita maka kita tidak akan bisa bertahan hidup untuk masa yang akan akan datang. Pemikiran kaum muda sekarang hanyalah untuk masa sekarang tanpa memikirkan masa yang akan datang. 

Dengan bekerja keras dan selalu tekun akan timbul sebuah sikap optimis dalam diri kita. jika jiwa bekerja keras sudah melekat dalam diri,dan pemikiran mengenai masa depan akan lebih terarah dan membawa dampak yang positif yaitu kita tidak akan mudah goyah dan putus asa. Dengan bekerja keras semua pekerjaan bisa cepat selesai, rapi, maksimal, dan kita akan jauh lebih menghargai sebuah proses.

  Dari kerja keras kita dapat mengambil banyak sekali pembelajaran yang bisa kita jadikan pegangan untuk masa-masa berikutnya yaitu, Kita bias mengembangkan potensi yang ada dari dalam diri kita, melatih untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang kita lakukan atau kerjakan, Mengangkat harkat martabat  kita dilingkungan masyarakat  baik sebagai makhluk individu maupun sebagai anggota masyarakat, kebutuhan hidup akan terpenuhi jika kita benar-benar bersungguh dalam bekerja, sukses dalam meraih cita-cita, mendapatakan ridho dari Allah SWT.

Terkadang dalam bekerja keras kita selalu dihadapkan dengan hal-hal yang membuat kita putus asa yaitu datangnya berbagai rintangan yang membuat kita patah semangat dan putus asa, tapi disini kita harus menjadikan itu sebagai pembelajaran karena melatih kesabaran dalam diri kita.Untuk itu kita diwajibkan untuk menjaga pergaulan kita. biasakanlah untuk bergaul dengan orang-orang yang mempunyai perilaku kerja keras.

Sebaliknya,hindari pegaulan dengan mereka yang memiliki perilaku yang malas dan penghayalberat,selalu ingat dan berpegang teguh pada aturan dan tata cara bekerja yang baik menurut ajaran islam, agar dalam melakukansuatu pekerjaan tidak menyimpan atau melanggar ketentuan agama. 

Biasakan untuk bersikap terbuka akan masukan,kritikan,teguran atau nasihat dari pihak manapun yang tujuannya baik,terutama yang mengingatkan kita ketika lupa atau melakukan kesalahan.selalu menjaga diri dari sikap perilaku tercela,baik ketika tercela,baik ketika bekerja maupun diluar waktu bekerja,sehingga akhlak seorang beriman akan tetap terjaga dari perbuatan keji dan mungkar. 

Selalu bersedia untuk mengingatkan orang lain yang sedang lupa atau salah melanggar aturan bekerja,seraya melakukannya dengan cara -cara yang santun dan terhormat. 

Selalu berdo'a kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan dapat bersikap perilaku bekerja keras dalam menjalani kehidupan. Karena tidak ada kebahagian yang datang dengan cara indah tanpa adanya usaha dan kerja keras. Mulailah membiasakan diri bersikap periulaku kerja keras dari sekarang, agar kelak menjadi orang yang sukses.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline