Lihat ke Halaman Asli

Firasat Nikmatullah

@sekjend.kafir

Lengser dan Pulang Kampung ke Solo: Bagaimana Kita Harus Mengenang Joko Widodo?

Diperbarui: 28 Oktober 2024   02:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden ke-7 Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo. (Foto: Sekretariat Presiden)

Jokowi, alias Joko Widodo. Siapa sih yang nggak kenal bapak kita yang satu ini? Dari pengusaha mebel di Solo, hingga akhirnya duduk di kursi RI-1 alias presiden.

Kini, setelah lengser, beliau memutuskan untuk pulang kampung ke Solo. Tapi, gimana ya kita harus mengenang dan menyebut Jokowi? Sebagai presiden yang membawa perubahan besar? Atau ada sisi lain yang perlu kita kulik?

Jokowi: Dari Solo untuk Indonesia

Kisah Jokowi dimulai dari kota kecil bernama Solo. Di sini, ia mulai menata karir politiknya sebagai walikota. Siapa sangka, gaya blusukan dan kepemimpinannya yang merakyat menarik perhatian banyak orang.

Dari Solo, karirnya meroket hingga ke Jakarta sebagai gubernur, dan akhirnya menjadi presiden. Hmm, perjalanan yang luar biasa, bukan?

Prestasi dan Kontroversi

Jokowi selama dua periode kepemimpinannya berhasil mencetak berbagai prestasi. Infrastruktur jadi salah satu fokus utamanya.

Jalan tol, bandara, hingga pelabuhan baru bermunculan di sana-sini. Tapi, nggak semua hal berjalan mulus. Beberapa kebijakan yang diambilnya menuai pro dan kontra.

Misalnya, penanganan pandemi Covid-19 yang di mata sebagian orang kurang efektif. Ada juga isu-isu lain yang bikin masyarakat angkat suara.

Gaya Kepemimpinan yang Unik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline