Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Univet Adakan Bimbingan Belajar dan Pembagian Masker di Gerdu

Diperbarui: 15 Februari 2022   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Wonogiri -- Salah satu mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Fira Rizky Listyaningrum, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Periode II Tahun 2022 yang dimulai pada tanggal 1 Februari sampai dengan 17 Maret 2022.

KKN dilaksanakan secara mandiri di wilayah tempat tinggal mahasiswa. Lokasi KKN berada di Lingkungan Gerdu RT 04 / RW 05, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Fira telah meminta izin kepada Bapak Roestam Adjie selaku Ketua RT 04.

Program kerja utama yang telah dilaksanakan yaitu di bidang pendidikan masyarakat adalah bimbingan belajar untuk anak SD. Sedangkan program kerja penunjang yaitu pembagian masker dan edukasi kesehatan ke masyarakat. Bimbingan belajar telah dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Februari 2022 pukul 10.00 WIB sampai selesai. Kegiatan ini dilakukan selama seminggu dua kali. Mengingat masih banyak anak yang masih kesulitan dalam memahami mata pelajaran matematika. Maka dari itu untuk menghadapi masalah tersebut sebagai mahasiswa KKN saya mendirikan " Rumah Cerdas Univet (RCU)".

Dengan harapan, saya bisa membantu memberikan ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak. Pada saat kegiatan KKN anak-anak sangat senang dan antusias mengerjakan soal matematika. Di masa pandemi Covid-19,  pembelajaran tatap muka terbatas hanya 50 % dan separuhnya mengikuti pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya kegiatan bimbingan belajar "Rumah Cerdas Univet (RCU)" ini, orang tua dan anak-anak merasa sangat terbantu. Anak- anak menjadi lebih paham tugas yang diberikan oleh gurunya dan mempunyai semangat yang luar biasa.

Sehubungan adanya pandemi Covid-19 dan virus baru Omicron diwajibkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas. Fira membagikan  masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Februari 2022 pukul 11.30 WIB sampai selesai di Lingkungan Gerdu RT 04 . 

Kurang disiplinnya masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan yakni kewajiban menggunakan masker saat beraktifitas. Karena dengan menggunakan masker kita akan mencegah virus yang masuk. Diharapkan masyarakat bisa lebih sadar untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline