Lihat ke Halaman Asli

fiqrotun nabila

Mahasiswa uin malang

Demokrasi Pancasila

Diperbarui: 29 November 2023   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Demokrasi Pengertian

Demokrasi Pancasila adalah sistem politik yang ditegakkan berdasarkan hikmat kebijaksanaan melalui proses musyawarah dan perwakilan. Berlandaskan pada prinsip ketuhanan, kemanusiaan, dan beradab, dengan tujuan mencapai kemajuan sosial bagi seluruh warga negara Indonesia. sistem politik ditegakkan berdasarkan hikmat kebijaksanaan melalui proses musyawarah dan perwakilan. Berlandaskan pada prinsip ketuhanan, kemanusiaan, dan beradab, dengan tujuan mencapai kemajuan sosial bagi seluruh warga negara Indonesia. gabungan dua kata yaitu demo yang mengacu pada rakyat.

Kratos : melambangkan pemerintahpemerintah

Secara umum, demokrasi digambarkan sebagai suatu bentuk pemerintahan di mana rakyat sendirilah yang memegang kendali kekuasaan. Secara umum, demokrasi digambarkan sebagai suatu bentuk pemerintahan di mana rakyat sendirilah yang memegang kendali kekuasaan. Indonesia menerapkan sistem demokrasi Pancasila yang sejalan dengan Bangsa kepribadian. Setiap individu dalam Pancasila mempunyai kedudukan tetap dan berperan sebagai salah satu unsur fundamental yang menjunjung tinggi demokrasi sistem yang sejalan dengan Bangsa kepribadian. Setiap individu dalam Pancasila mempunyai kedudukan tetap dan berperan sebagai salah satu unsur fundamental yang menjunjung tinggi demokrasi. pentingnya politik, pekerjaan sosial, ekonomi, dan pemecahan masalah nasional melalui penggunaan proses musyawarah dalam rangka mencapai tujuan nasional.

Tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan warga negara Indonesia dengan memastikan partisipasi aktif mereka dalam proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan nasional, serta memastikan untuk meningkatkan kebijakan nasional diikuti dan dilaksanakan sesuai kebutuhan. kesejahteraan warga negara Indonesia dengan memastikan partisipasi aktif mereka dalam proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan nasional, serta memastikan bahwa kebijakan nasional diikuti dan dilaksanakan sesuai kebutuhan.

Prinsip - prinsip yang terdapat dalam Pancasila kemudian menjadi pedoman hidup masyarakat Indonesia. sistem yang dikenal dengan demokrasi Pancasila, yaitu pandangan hidup masyarakat Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

2. Pancasila Demokrasi

Ciri-Ciri:

A). Kedaulatan tersebut di tangan rakyat

B). Selalu didasarkan pada keluargaan dan gotong royong

C). Keselarasan antara hak dan kewajiban, pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline