Pendidikan merupakan proses penerapan nilai-nilai oleh guru atau pendidik kepada peserta didik. Dalam proses tersebut seorang pendidik dituntut untuk bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri masing-masing peserta didik untuk membawanya menuju kearah perubahan yang sejalan dengan tujuan pendidikan yang ditentukan. Untuk itu, seorang pendidik harus paham akan perkembangan dalam diri setiap anak didiknya.
Pada umumnya manusia berkembang melalui tahapan-tahapan tertentu, mulai sejak dalam konsepsi hingga sampai akhir hayatnya. Perkembangan merupakan suatu proses perubahan progresif ke arah yang lebih sempurna dan tidak dapat diulang kembali. Dalam proses perkembangan itu tidak konstisten, terkadang naik terkadang turun. Proses perkembangan setiap individu memiliki tempo atau kecepatan yang bervariasi. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya.
Dalam mencapai kematangan perkembangan peserta didik, terdapat prinsip-prinsip yang ada dalam proses perkembangan tersebut. Seorang pendidik haruslah paham tentang prinsip-prinsip tersebut agar mudah dalam memberikan pengajaran kepada para peserta didik.
Apa saja sih prinsip-prinsip perkembangan tersebut dan bagaimana implikasinya terhadap pendidikan?
Yuk, simak artikelnya sampai selesai untuk mendapatkan jawabannya!
Prinsip-Prinsip Perkembangan
Menurut Elfi (2014) dalam Kayyis (2019: 46) menyimpulkan bahwa prinsip-prinsip perkembangan adalah sebagai berikut:
- Perkembangan berlangsung seumur hidup dan meliputi seluruh aspek.
- Setiap individu memiliki kecepatan dan kualitas perkembangan yang berbeda.
- Perkembangan secara relatif beraturan, mengikuti pola-pola tertentu.
- Perkembangan berlangsung secara berangsur-angsur sedikit demi sedikit.
- Perkembangan berlangsung dari kemampuan yang bersifat umum menuju ke arah yang lebih khusus, mengikuti proses diferensiasi dan integrasi.
- Secara normal perkembangan individu mengikuti seluruh fase, tetapi karena faktor-faktor khusus, fase tertentu dilewati dengan cepat atau sangat lambat.
- Sampai pada batas-batas tertentu, perkembangan sesuatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat.
- Perkembangan aspek-aspek tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi dengan aspek lainnya.
- Pada saat tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu, perkembangan pria dan wanita berbeda.
Dari kesembilan prinsip di atas, dapat disimpulkan bahwa perkembangan itu memiliki prinsip yang menggambarkan secara umum bahwa perkembangan setiap individu akan mengalami fase-fase yang ada dalam prinsip-prinsip tersebut.
Setelah mengetahui tentang prinsip-prinsip perkembangan, selanjutnya bagaimana implikasi prinsip-prinsip tersebut terhadap pendidikan.
Implikasi Prinsip-Prinsip Perkembangan terhadap Pendidikan
Implikasi prinsip-prinsip perkembangan terhadap pendidikan ini muncul karena adanya kaitan antara belajar dengan perkembangan. Implikasi tersebut diantaranya: