Lihat ke Halaman Asli

Fiqih P

Semarakkan literasi negeri

Ngerokin Istri, Kenapa Tidak?

Diperbarui: 11 November 2017   03:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kerokan, Sumber: www.Jogjaupdate.com

Oktoberhingga Desember merupakan musim pancaroba yaitu peralihan antara musim penghujan dan musim kemarau. Hal ini ditandai dengan intensitas badai dan hujan serta angin. Tentu hal tersebut membuat kondisi kesehatan kita dan keluarga menurun. Flu, demam dan batuk lumrah dalam masa-masa tersebut.

Sebagai kepala rumah tangga, tentu saya tidak membiarkan masa-masa ini mengganggu kehangatan rumah tangga. Maka, penting setiap anggota keluarga menjaga satu sama lain. Seperti halnya istri saya, di tengah musim pancaroba ini kondisi kesehatannya sempat menurun. Peran saya sebagai suami sangat penting untuk menjaga keehatannya.

Itu merupakan sebuah hal  yang cukup "menyeramkan" bagi saya. Ditambah kesibukannya yang juga sebagai pekerja nantinya akan menghambat dalam perannya memenuhi persediaan saya sehari-hari dalam menopang pekerjaan saya. Bisa-bisa kesehatan saya juga akan menurun di tengah pancaroba tersebut. Maka saya pun berinisiatif agar kondisi kesehatannya tidak semakin menurun.

Saya bukanlah seorang dokter, bukanlah perawat dan hanyalah orang yang sama sekali tak tahu tentang pengobatan. Apalagi untuk memberi obat-obatan, tentu di luar jangkauan. Namun, obat-obatan medis bukanlah satu cara untuk memulihkan kondisi tubuh. Ada cara lain yang telah digunakan oleh orang-orang "jaman old" dan terbukti  manjur yakni kerokan.

Kerokan memiliki dampak yang positif bagi tubuh kita dengan tindakan yang tidak berlebih-lebih. Karena sesuatu yang berlebih itu tidaklah baik. Menurut Wikipedia kerokan digunakan sebagai pengobatan oleh raja-raja di Nusantara. Maka saya memberi tahu terlebih dahulu manfaat terapi dengan cara tradisional kerokan sebagaimana yang pernah saya rasakan.

1. Tubuh terasa segar

Tentu kita tahu, cara kerja kerokan yakni menggunakan logam dan digesek ke tubuh kita. Gesekan antara logam dan tulang kita secara kasat mata akan membuat kulit memerah. Saya tidak berbicara secara medis karena bukan keahlian. Namun, pada kenyataan berdasar pengalaman  gesekan yang kita rasakan tersebut membuat rasa nyeri hilang hingga tubuh segar kembali.

2. Menghilangkan stres

Bagian belakang tubuh jika sudah nyeri seakan memberi beban yang menyeluruh. Hal ini kita rasakan dari pinggang hingga pundak dan kepala. Sehingga penat pun terjadi, rasa stress semakin tak terhindar terlebih nyeri disebabkan oleh rutinitas kita sehari-hari. Hingga kerokan dapat menjadi solusi.

3. Menghilangkan penyakit pancaroba

Sebagaimana uraian sebelumnya, musim pancaroba kerap menimbulkan gejala-gejala sakit seperti masuk angina, influenza dan pilek. Musim seperti itu membuat kita rentan kehujanan, merasakan suhu dingin yang tidak sesuai dengan iklim normal. Tentu tubuh kita perlu kehangatan. Dengan gesekan benda seperti koin ataupun bawang, tubuh kita akan menjadi lebih hangat. Penyakit-penyakit seperti itupun dapat kita atasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline