Lihat ke Halaman Asli

Fiqih MaulanaArdiansyah

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Undip Peduli Terhadap Lingkungan dengan Memanfaatkan Limbah Bonggol Jagung Menjadi Briket

Diperbarui: 13 Agustus 2022   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

Semarang (31/07/2022) -- Mahasiswa Bioteknologi KKN Tim II Undip 2021/2022 melakukan penyuluhan pemanfaatan limbah bonggol jagung. Dalam penyuluhan tersebut bonggol jagung dijelaskan dapat diolah menjadi Biobriket, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen dengan menjadikannya UMKM.

Program penyuluhan ini diangkat, karena diketahui bahwa masyarakat Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang banyak yang merupakan seorang petani, terutama petani jagung. Hasil pertanian jagung tersebut menghasilkan banyak limbah berupa bonggol jagung. Banyaknya limbah bonggol jagung hanya terbuang sia-sia menumpuk menjadi gunung dan tidak adanya pengolahan limbah lebih lanjut.

dokpri 

Pada pelaksanaan program ini dijelaskan pengolahan limbah bonggol jagung menjadi Biobriket. Biobriket adalah sebuah blok bahan terbuat dari biomassa atau bahan organik, yang nantinya briket digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Adapun program biobriket ini dijelaskan cara pembuatannya, mulai dari pengeringan bonggol jagung dan mengubahnya menjadi arang, kemudian pencetakan biobriket. Selain cara pembuatannya, dijelaskan juga ciri biobriket yang baik serta kelebihan biobriket.

Harapannya dengan program ini dapat membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan lingkungan berupa limbah bonggol jagung. Kemudian juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Bubakan dengan memberikan ide peluang bisnis berupa biobriket dari limbah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline