Lihat ke Halaman Asli

Fiqhan Khoirul Alim

Mendunia akhirat

Muwadda'ah Universe, Satu Malam Berjuta Kenangan

Diperbarui: 22 April 2022   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malang (15/4). Muwadda'ah adalah acara tahunan yang di selenggarakan oleh Ma'had Sunan Ampel Al-aly (MSAA) UIN Malang yang menjadi puncak rangkaian kegiatan Mahasantri selama di ma'had. Untuk pertama kalinya acara ini diselenggarakan secara hybrid yang mana sebelumnya dilaksanakan secara virtual. 

Berawal sejak tahun 2014, Muwadda'ah kali ini hadir dengan judul MUWADDA'AH UNIVERSE. Dengan mengangkat tema "Be Infinity and Beyond the Limit", para mahasantri menyajikan penampilan yang kreativ dan sesuai dengan trend zaman dalam balutan bingkai keislaman. 

"Walaupun tidak semua mahasantri dapat mengikuti kegiatan ini, tapi semoga tidak mengurangi makna dari kegiatan ini sendiri" ungkap Dr. H. Badruddin M., M.HI dalam sambutannya. 

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 12 April lalu, dimulai dari pukul delapan malam hingga berakhir pada pukul setengah tiga pagi, dan dilaksanakan di gedung sport center. Pada acara kali ini dihadiri oleh Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga. 

Dengan persiapan yang cukup singkat, yaitu selama satu bulan, acara ini dapat terlaksana dengan meriah. pelaksanaan nya sendiri untuk acara ini sebelumnya adalah sebuah dilematika. Mengingat dua bulan sebelumnya, covid-19 sempat melunjak kasusnya. Akhirnya satu bulan sebelum acara ini dilaksanakan, barulah mendapatkan kepastiannya. 

Dan dengan persiapan yang singkat ini, mahasantri mampu menunjukkan penampilannya yang spektakuler. Berbagai persembahan yang ditampilkan oleh para mahasantri. yaitu: grub banjari Masyarah Syabab, Melliflous Band, Cyberstar Dance Crew, Triangel, MASZEH, Gema Sandya Nada, Galaxy Qur'ani, Cakradonya, dan Asmaraloka.

"Acara Muwadda'ah ini bukanlah sekedar acara perpisahan semata, tetapi juga sebagai ajang muhasabah diri selama kita tinggal di ma'had ini" ungkap beliau Kiai Badruddin.  Beliau juga berpesan " setelah meninggalkan ma'had haruslah tetap semangat dalam mempelajari mempelajari Al-qur'an dan hadits, apapun prodinya. karena kalian adalah lulusan dari universitas islam. Islam bukanlah sekedar nama, melainkan islam adalah sebuah citra."  

Acarapun ditutup dengan rangkaian foto bersama setiap mabna, dan dengan begitu, berakhirlah acara muwadda'ah tahun ini, selamat pulang para mahasantri, dan sampai jumpa pada muwaddah tahun berikutnya.

MA'HADUNA!

IJTIHADUN, WA JIHADUN , WA MUJAHADAH, ALLAHU AKBAR!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline