Lihat ke Halaman Asli

Fiona Try

S1 Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Penting Memahami Karakteristik Media Baru

Diperbarui: 13 September 2021   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: API  PEMNAS

Hidup di dunia dengan era perkembangan teknologi yang cepat membuat banyak akses informasi  yang dengan mudah kita dapatkan setiap harinya. Internet selalu memastikan bahwa kita tidak ketinggalan dalam informasi di konteks apapun.

Dalam perkembangannya, muncul sebuah media baru (new media) yang semakin memberikan kita wadah dalam mendapatkan informasi bahkan komunikasi.

Media baru memiliki 6 karakteristik yang dapat mempetakan perbedaan dari media sebelumnya. Meskipun kehadiran media baru sangat disambut oleh masyarakat, akan tetapi kita tidak dapat menghindari munculnya sisi buruk  dari media baru ini.

Pengertian Media Baru

Media baru  menurut Mc Quail (2011:148) media baru adalah berbagai perangkat teknologi komunikasi yang memungkinkan adanya digitalisasi dan cangkupan yang luas untuk penggunaan pribadi sebagai alat komunikasi.  Produk dari media baru ini disebut situs web.

Media baru membuat kita dapat berkomunikasi secara dua arah, karena penggunaanya yang dapat membuat kita melakukan panggilan telepon dan panggilan tatap muka.

Secara umum media sosial merupakan bentuk dari media baru. Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, dll, adalah beberapa contoh sosial media.

Sederhananya, media baru dapat melakukan interaksi tanpa harus bertemu dengan bantuan dari internet.

Karakteristik Media Baru

Karakteristik media baru ditandai dengan 6 hal berikut:

  • Digital

Dengan adanya digitalisasi kini informasi kualitatif diubah, disimpan dan di trasmisikan secara digital.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline