Hai semua!! Semoga kalian para readers yang membaca ini dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya..
Kali ini penulis ingin sedikit membahas tentang hobi baru anak muda di masa pandemi ini nih. Kalian tentu tidak asing lagi bukan? Nah iya berbelanja online. Di era pandemi seiring berkembangnya e-commerce dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya dengan fitur-fitur yang menarik bagi konsumen saat ini.
Di era pandemi yang kita hadapi sekarang ini banyak kegiatan di luar rumah yang sangat di batasi oleh pemerintah. Salah satunya bekerja, banyak sekali orang yang gulung tikar dan di phk dari tempat kerjanya akibat dari pandemi ini. Hal ini menyebabkan adanya perubahan gaya hidup masyarakat dengan mempertimbangkan pendapatan dan harga barang/jasa.
Maka orang-orang mulai mencoba membuka peluang usaha apapun agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Nah, maka dari itu di era sekarang ini banyak sekali pelaku usaha yang membuka bisnis nya lewat online agar dapat mudah dijangkau oleh seluruh kota di Indonesia. Karena semakin tertarik nya orang terhadap bisnis online dan belanja online ini maka dikembangkan lah sebuah inovasi baru dalam sektor perdagangan yaitu Marketplace.
Apakah itu Marketplace?
Marketplace adalah sebuah media virtual dimana tempat terjadinya pertemuan antara penjual dan pembeli. Marketplace mempunyai fungsi yang sama seperti sebuah pasar tradisional, hanya saja marketplace ini lebih tertata dengan menggunakan bantuan jaringan untuk mendukung sebuah pasar agar dapat dilakukan secara teratur.
Perusahaan Marketplace itu ada apa saja sih? Saat ini perusahaan MarketPlace yang mungkin tidak asing bagi kalian yaitu Lazada, Shopee, Bukalapak, Zalora dan masih banyak lainnya. Banyaknya situs e-commerce yang ada di Indonesia menunjukkan bahwa pada era digital ini terjadi perubahan dalam perilaku berbelanja konsumen. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini semua hal dilakukan dirumah untuk memutus rantai penyebaran virus.
Nah, karena maraknya berbagai perusahaan marketplace ada salah satu perusahaan yang menarik bagi penulis nih. Tau kan platform belanja berwarna orang itu? Iyap betul, shopee salah satu platform belanja online di dalam sebuah aplikasi mobile. Banyak sekali fitur menarik yang ditawarkan oleh platform ini, adanya gratis ongkir minimal belanja Rp.0, flash sale, serba serbi, extra cashback, sale yang tiap bulannya dilaksanakan, berbagai voucher dan penawaran menarik lainnya. Yang menjadikan platform ini di gemari di kalangan anak muda adalah karena produk yang ditawarkan sangat aman di kantong para konsumen.
Selain itu, karena masyarakat lebih banyak menghabiskan kegiatan di dalam rumah maka mereka banyak memiliki waktu untuk lebih merawat diri dan memperhatikan diri. Ini membuat masyarakat banyak membeli produk kecantikan,produk merawat diri dan juga pakaian. Banyak dari mereka membuat perubahan yang sangat drastic mulai dari penampilan dan juga mungkin sikap. Lalu, bagaimanakah pembayaran dilakukan? Apakah harus keluar rumah untuk membayarnya? Tentu tidak, karena platform nya menggunakan aplikasi mobile maka transaksi yang dilakukan dapat dengan cara online seperti melalui m-banking atau shopeepay. Namun, kembali lagi karena kita melakukan transaksi dan pembeli melalui media online, kita harus menjadi konsumen yang pintar agar tidak tertipu oleh barang dan jasa tersebut.
Jadi, kesimpulan yang penulis ambil yaitu alangkah baiknya kita melakukan aktivitas di dalam rumah dan sedikit mungkin untuk keluar dari rumah. Di era ini teknologi makin maju semua dapat dilakukan dengan mudah dan efisien, dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun asal terhubung dengan jaringan. Berbisnis dan belanja online adalah inovasi bagus yang telah kita cipatakan.
Namun, kita sebagai konsumen dapat mencegah juga perilaku konsumtif dan hedonisme yang berlebihan. Karena di masa pandemic saat ini kebutuhan yang penting adalah lebih utama dibandingkan kebutuhan tersier kita. Jadilah konsumen yang cerdas dan mengerti batasan mana yang diperlukan dan didahulukan.