Lihat ke Halaman Asli

finkan nabila

Mahasiswa

Peran Mahasiswa untuk Meningkatkan UMKM

Diperbarui: 20 Mei 2023   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Di era sekarang digital sangat penting saya sebagai mahasiswa manajemen yang telah mengikuti kkn di januari lalu dan menjalankan kkn di kota pacitan desa widoro.ketika berada di sana saya sempat mengunjungi beberapa umkm yang menjual gula jawa dan rengginang.mereka  menjual tanpa logo dan juga tidak memiliki media sosial apapun hanya menitipkan kepada orang yang memiliki toko saja untuk di pasarkan yang sebenernya dan saya bersama temen-temen memberitahu bagaimana  Pemasaran digital menjadi salah satu cara yang efisien bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produk-produknya. Selain karena penggunaan media digital tidak memakan banyak biaya, pemasaran digital juga dapat menjangkau pasar secara luas. 

Dengan penggunaan pemasaran digital melalui media sosial dan marketplace, UMKM dapat meningkatkan kesadaran produk sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. 

Strategi pemasaran digital yang baik juga diperlukan oleh pelaku UMKM sehingga dapat memenangkan persaingan pasar yang kompetitif. Melalui promosi digital seperti pembuatan konten produk yang menarik, maka akan menarik perhatian konsumen untuk memutuskan membeli produk.melalui  digital juga dapat dilakukan pelaku UMKM melalui marketplace.

Contoh marketplace yang digemari masyarakat Indonesia yaitu Shopee dan toko pedia mungkin saat ini juga banyak di tik-tok shop

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline