Lihat ke Halaman Asli

Fina Zukhrufin

Magister PAI Universitas Muhammadiyah Malang

Haruskah Guru PAI Melakukan Evaluasi Pembelajaran PAI?

Diperbarui: 14 Mei 2023   08:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Evaluasi pembelajaran PAI adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi informasi proses pembelajaran berdasarkan pengukuran kuantitatif dan pengamatan kualitatif yang menghasilkan nilai atau memberi pertimbangan mengenai nilai dan arti dari proses pembelajaran PAI. Evaluasi merupakan proses penting yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana hasil capaian dari proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru. Evaluasi Pembelajaran PAI mencakup ranah ‘aqliyah (kognitif), qalbiyah (afektif), dan ‘amaliyah (psikomotor).

Evaluasi Pembelajaran PAI memiliki manfaat bagi siswa yaitu dengan memberikan hasil belajar yang memuaskan dan tidak memuaskan yang selanjutnya dapat dijadikan motivasi belajar siswa. Manfaat bagi guru adalah mengetahui siswa yang sudah menguasai materi dan siswa yang belum menguasai materi sehingga siswa dapat melanjutkan pembelajaran atau jenjang berikutnya. Manfaat bagi sekolah adalah mengetahui capaian belajar siswa, mengetahui informasi tentang kurikulum yang dipakai sudah tepat atau belum, merancang perbaikan dari tahun ke tahun.

Agar evaluasi yang dilaksanakan menghasilkan hasil evaluasi yang dapat dipercaya maka evaluasi pembelajaran PAI harus memiliki prinsip terpadu, melibatkan siswa, koherensi, pedagogis, dan akuntabilitas. Prinsip harus mencakup tujuan, proses, dan hasil pembelajaran PAI.

Evaluasi pembelajaran PAI sebagai suatu program memiliki lima jenis yaitu evaluasi perencanaan dan pengembangan, evaluasi monitoring, evaluasi dampak, evaluasi program komprehensif, dan evaluasi efisiensi. Evaluasi perencanaan dan pengembangan yaitu evaluasi yang digunakan utuk mendesain program pembelajaran. 

Evaluasi monitoring yaitu evaluasi yang bertujuan memeriksa apakah program pembelajaran mencapai sasaran secara efektif atau terlaksana sebagaimana perencanaan. Evaluasi dampak aitu evaluasi yang dilaksanakan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan suatu program pembelajaran. Evaluasi efisiensi - ekonomis yaitu evaluasi yang dilaksanakan untuk menilai tingkat efisiensi pelaksanaan program pembelajaran. Evaluasi program komprehensif yaitu evaluasi yang dilaksanakan untuk menilai program pembelajaran secara menyeluruh.

Demikian uraian dari penulis tentang evaluasi. Mengingat pentingnya evaluasi sebagai salah satu proses kegiatan pembelajaran, maka dari itu guru perlu melakukan evaluasi secara berkala dan terencana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline