Lihat ke Halaman Asli

Biaya Perpajakan

Diperbarui: 12 Januari 2023   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pajak seringkali menjadi sumber perdebatan politik yang panas. Pada 1776, kemarahan para penjajah Amerika atas pajak Inggris memicu Revolusi Amerika.Lagi dari dua abad kemudian, partai politik Amerika masih memperdebatkan hak tersebut ukuran dan bentuk sistem pajak. Namun tidak seorang pun akan menyangkal bahwa beberapa tingkat perpajakan diperlukan. Seperti yang pernah dikatakan Oliver Wendell Holmes, Jr., "Pajak adalah milik kita membayar untuk masyarakat yang beradab."

Kerugian Beban Mati Perpajakan

Ketika pajak dikenakan pada pembeli, kurva permintaan bergeser ke bawah dengan besarnya pajak ketika dikenakan pada penjual, kurva penawaran bergeser ke atas dengan jumlah tersebut. Dalam kedua kasus tersebut, ketika pajak diberlakukan, harga yang dibayar oleh pembeli naik, dan harga yang diterima penjual turun. Pada akhirnya, elastisitas penawaran dan permintaan menentukan bagaimana beban pajak didistribusikan antara produsen dan konsumen.

Bagaimana Pajak Mempengaruhi Pasar?

Bagaimana dengan pihak ketiga yang berkepentingan, pemerintah? Jika T adalah besarnya pajak dan Q adalah jumlah barang yang terjual, maka pemerintah mendapatkan total penerimaan pajak dari T 3 Q. Pendapatan pajak ini dapat digunakan untuk menyediakan layanan, seperti jalan, polisi, dan pendidikan publik, atau untuk membantu yang membutuhkan. Oleh karena itu, untuk menganalisis bagaimana pengaruh pajak kesejahteraan ekonomi, kami menggunakan pendapatan pajak pemerintah untuk mengukur masyarakat mendapatkan keuntungan dari pajak. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa manfaat ini sebenarnya tidak bertambah kepada pemerintah tetapi kepada mereka yang pendapatannya dibelanjakan..

Kerugian Bobot Mati dan Keuntungan dari Perdagangan

Untuk lebih memahami mengapa pajak menyebabkan kerugian bobot mati, pertimbangkan sebuah contoh.Bayangkan Mike membersihkan rumah Mei setiap minggu seharga $100. Biaya peluang dari waktu Mike adalah $80, dan nilai rumah yang bersih bagi Mei adalah $120. Jadi, Mike dan Mei masing-masing menerima keuntungan $20 dari kesepakatan mereka. Total surplus ukuran $40 keuntungan dari perdagangan dalam transaksi khusus ini Sekarang misalkan pemerintah memungut pajak $50 pada penyedia jasa kebersihan. Sekarang tidak ada harga yang bisa dibayar Mei kepada Mike yang akan meninggalkan keduanya lebih baik. Mei paling bersedia membayar adalah $120, tetapi kemudian Mike akan ditinggalkan dengan hanya $70 setelah membayar pajak, yang kurang dari biaya peluang $80. Sebaliknya, agar Mike menerima biaya peluang sebesar $80, Mei harus membayar $130, yang berada di atas nilai $120 yang dia tempatkan di sebuah rumah yang bersih. Akibatnya, Mei dan Mike membatalkan pengaturan mereka. Mike kehilangan penghasilan, dan Mei tinggal di rumah yang lebih kotor. Pajak telah membuat Mike dan Mei menjadi lebih buruk dengan total $40 karena mereka telah melakukannya masing-masing kehilangan $20 surplus. Tetapi perhatikan bahwa pemerintah tidak mengumpulkan pendapatan dari Mike dan Mei karena mereka memutuskan untuk membatalkan pengaturan mereka. $40 murni kerugian bobot mati. Ini adalah kerugian bagi pembeli dan penjual di pasar yang tidak diimbangi oleh peningkatan pendapatan pemerintah. Dari contoh ini, kita bisa melihat yang pamungkas sumber kerugian bobot mati

Rugi Bobot Mati dan Penerimaan Pajak karena Pajak Bervariasi

Pajak jarang tetap sama untuk jangka waktu yang lama. Pembuat kebijakan di tingkat lokal, negara bagian, dan pemerintah federal selalu mempertimbangkan untuk menaikkan atau menurunkan satu pajak lain. Di sini kita mempertimbangkan apa yang terjadi pada kerugian beban baku dan pendapatan pajak ketika ukuran pajak berubah.

Penerimaan pajak pemerintah adalah besarnya pajak dikalikan jumlah laris manis. Seperti yang ditunjukkan oleh tiga panel pertama Gambar 6, penerimaan pajak sama dengan luas persegi panjang antara kurva penawaran dan permintaan. Untuk pajak kecil pada panel (a), penerimaan pajak kecil. Ketika ukuran pajak meningkat dari panel (a) ke panel (b), penerimaan pajak tumbuh. Tetapi karena ukuran pajak meningkat lebih jauh dari panel (b) ke panel (c), penerimaan pajak turun karena pajak yang lebih tinggi berkurang drastic ukuran pasar. Untuk pajak yang sangat besar, tidak ada pendapatan yang akan dinaikkan karena orang akan berhenti membeli dan menjual barang sama sekali.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline