Lihat ke Halaman Asli

Fila Rachmad

Seorang mahasiswa yang menekuni kepenulisan

Mengalah Menjauhi Masalah

Diperbarui: 22 Januari 2022   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source : Pexels.com

Pernahkah kalian merasa kesal karena antrian kalian diterobos? Wajar saja bila kalian kesal terhadap perilaku orang yang seperti itu. Tapi bagaimana respon yang akan kalian berikan nantinya? Apakah marah? Apakah mengalah? Tentu itu pilihan anda sendiri.

Mungkin sebagian besar dari kalian akan marah dan menegur orang tersebut. Baik jika orang tersebut menerima, lalu ketika orang tersebut tidak terima justru akan membuat masalah menjadi panjang.

Pernahkah kalian berfikir untuk mencoba opsi mengalah? Ya, walaupun kita terlihat lemah karena tidak melawan setidaknya kita menghindari masalah tersebut. Mengalah bukan berarti kita kalah dalam suatu hal tapi menunjukkan kita bersikap lebih dewasa dari orang tersebut.

Misal dalam berbagi makanan dengan adik kita, sebaiknya kita mengalah untuk tidak berebut dengan adik kita. Mengalah tak selamanya membuat kita terasa bodoh di hadapan orang, justru kita akan menjadi lebih dewasa menyikapi persoalan tersebut untuk menghindari masalah.

Untuk kalian yang membaca ini dalam setiap permasalahan cobalah sekali-kali untuk mengalah, cobalah sekali-kali untuk sabar dalam menyikapi sebuah persoalan. Karena kita akan mendapatkan dampak yang lebih positif nantinya serta mencegah adanya masalah tambahan.

Orang-orang yang mengalah akan termasuk orang yang sabar. Perilaku sabar tersebut akan mendapat kemudahan dari Allah untuk permasalahan tersebut. Jadi sekali-kali cobalah untuk mengalah, cobalah untuk bersabar dalam sebuah permasalahan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline