Lihat ke Halaman Asli

Fiksiana Community

TERVERIFIKASI

Komunitas pecinta fiksi untuk belajar fiksi bersama dengan riang gembira

[Belajar Alur Mundur] Event Belajar Bersama Fiksiana Community

Diperbarui: 14 September 2016   05:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sumber: weknowyourdreamz.com/strawberry.html"][/caption]Saat ini sedang berlangsung tantangan 100 hari menulis novel bersama Fiskiana Community. Akan tetapi kami juga tidak akan meninggalkan agenda belajar bareng bersama FC yang setiap pekan kami adakan.

Nah, sambil melanjutkan kegiatan untuk mememenuhi tantangan, ada baiknya kita tetap belajar bareng sebagai bahan tambahan asupan dalam menulis. Biasanya kami hanya mengadakan event ini di wall FC saja. Tapi, untuk kali ini dan selanjutnya, semua bisa mengikuti dan memposting karya baik di wall FC maupun di blog masing-masing, dan juga di Kompasiana (hal ini dilakukan supaya yang tidak memiliki FB bisa ikut kelas belajar kami).

So, silakan para Kompasianer yang mau ikutan. Dipersilakan tanpa harus mendaftar. 

Sesuai jadwal (yang telat), minggu ini FC akan mengajak semua member belajar bareng tentang alur regresif atau alur mundur.

Alur regresif atau alur mundur adalah rangkaian cerita yang disajikan secara tidak berurutan. Dimulai dari konflik, kemudian menceritakan kembali latar belakang timbulnya konflik tersebut (flashback).

Nah, seperti yang sudah-sudah, teman-teman bisa langsung praktek menulis cerita yang menggunakan alur mundur dengan syarat sebagai berikut:

  1. Silakan buat cerita mini atau flash fiction 
  2. Tema bebas
  3. Gunakan alur regresif/mundur
  4. Bagi yang posting di group FC gunakan Hastag ‪#‎BelajarBareng‬ ‪#‎AlurRegresif‬ ‪#‎CeritaMiniFC‬
  5. Bagi rekan yang posting di blog sendiri ataupun di Kompasiana, dipesilahkan. 
  6. Posting bisa dimulai dari sekarang, deadline Sabtu 19 Maret 2016 pukul 23.59 WIB
  7. Peserta yang ceritanya terpilih akan mendapat masing-masing pulsa senilai 25 ribu rupiah

NB: Jangan melupakan EYD dan tanda baca dalam menulis ;)

----

Contoh flash fiction dengan alur mundur:

"Aku mencintaimu dengan segenap jiwa-ragaku." Itulah yang kau ucapkan. 

Tapi itu dulu, dulu sekali ketika segalanya belum berubah. Kau yang saat itu masih menjadi laki-laki baik. Laki-laki yang ke manapun aku pergi selalu ingin menjadi penjagaku. Laki-laki yang berkata tidak bisa hidup tanpaku.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline