Lihat ke Halaman Asli

Menjaga Sesama dengan Jogo Konco

Diperbarui: 2 Maret 2023   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Selama ini mungkin beberapa diantara kita masih bingung harus bertindak apa jika melihat teman kita mengalami kekerasan atau mungkin kita sendiri yang mengalami kekerasan, kita bingung harus melapor kemana dan menghubungi siapa. Saat ini teman-teman tidak perlu bingung lagi, karena sekarang sudah ada platform Jogo Konco sebagai upaya kita untuk menjaga antar sesama.


Banyaknya kasus kekerasan terhadap anak di Jawa Tengah, terlebih ketika pendemi yang lalu menjadi latar belakang munculnya ide pembuatan platform Jogo Konco oleh Forum Anak Jawa Tengah. Sebelumnya Forum Anak Jawa Tengah yang memang memiliki peran sebagai pelopor dan pelapor juga bingung, bagaimana agar suara baik aduan maupun aspirasi anak di Jawa Tengah dapat tersampaikan dengan mudah kepada pemerintah. Setelah jogo konco diluncurkan oleh Gubernur Ganjar Pranowo bertepatan dengan perayaan hari anak nasional tingkat Jawa Tengah 2022 lalu, kini anak-anak Jawa Tengah dapat dengan mudah melaporkan tindakan kekerasan di sekitar mereka dengan mudah dan terjamin kerahasiaannya.

dokpri

Jogo Konco sendiri berfokus pada empat aspek utama yaitu pendidikan, kesehatan, sosial budaya, dan perlindungan anak. Dalam platform Jogo Konco ini terdapat beberapa fitur yang dapat kita gunakan, diantaranya Japri Konco, Curhat Konco, dan Kreasi Konco. Ketiganya mempunyai fungsi masing-masing. Fitur Japri Konco dan Curhat Konco sendiri berfungsi untuk pelaporan dan tanya jawab terkait informasi perlindungan anak atau isu yang berkaitan lainnya. Pelaporan langsung ditangani oleh admin yang sudah berpengalaman dan mendapatkan pelatihan. Sedangkan fitur Kreasi Konco sendiri bertujuan untuk menampung dan mempublikasikan karya anak-anak di Jawa Tengah terkait perannya sebagai pelopor dan pelapor, baik berupa karya tulis, gambar, maupun video kreatif.

dokpri

Harapannya setelah Jogo Konco ini diluncurkan kekerasan anak di Jawa Tengah akan menurun bahkan bebas dari kekerasan anak. Selain itu masyarakat dapat sadar dan peka terhadap lingkungan sekitar dengan saling jaga terhadap sesama. Dengan terbentuknya kepedulian antar sesama akan terwujud Jawa Tengah yang tangguh dan Indonesia maju. Mari kita wujudkan Jawa Tengah bebas kekerasan dengan melaporkan hal-hal yang mengandung kekerasan dan pelecehan terhadap anak melalui platform Jogo Konco yang dapat di akses di link berikut https://dp3akb.jatengprov.go.id/jogokonco/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline