Lihat ke Halaman Asli

fikri syah

Menari Dengan Literasi

Oniomania di Balik Fenomena Doom Spending

Diperbarui: 9 Oktober 2024   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/08/170000220/gila-belanja-bisa-jadi-tanda-gangguan-mental

Doom spending, fenomena ketika seseorang, terutama di tengah stres, memilih menghabiskan uang tanpa pikir panjang. Ya, seolah-olah, kita membeli lebih banyak barang bukan karena butuh, tapi karena takut dunia bakal runtuh besok. Takut kena PHK? Beli sneakers baru. Cemas harga-harga naik? Ya sudah, beli gadget mahal saja sekalian. Bukankah lebih baik terlihat kaya meskipun sebenarnya dompet menangis?

Jika Anda pikir doom spending ini hanya "sekali-sekali" alias "ah, belanja kecil kok," mari kita bongkar dari kacamata psikologi, siapa tahu Anda tersadar, sebelum nanti giliran Tuan Krab yang ketawa karena melihat saldo Anda menipis.

Dari sudut pandang psikologi, doom spending erat kaitannya dengan mekanisme coping. Di dunia yang serba tidak pasti, di mana berita buruk datang silih berganti, banyak orang merasa dunia semakin tak terkendali. Mereka melampiaskan kekhawatiran ini dengan belanja impulsif, seolah-olah berbelanja memberikan ilusi bahwa masih ada satu aspek kehidupan yang bisa dikendalikan oleh uang (walaupun sebenarnya itu ilusi semata).

"Belanja aja dulu, pusing belakangan" Mungkin itulah mantra doom spender. Fenomena ini semakin diperburuk oleh media sosial yang memamerkan gaya hidup konsumtif. Ketika kita melihat teman memamerkan barang-barang baru atau melihat artis/influencer hedon, terjadi efek FOMO (Fear of Missing Out) takut ketinggalan tren, akhirnya kita pun ikut menghamburkan uang.

Masalahnya, doom spending ini hanya memberikan kesenangan sementara. Seperti permen karet yang manis di awal, tapi pahit setelah lama dikunyah. Belanja memang membuat otak kita merilis dopamin, si hormon bahagia. Tetapi setelah barang sampai di rumah, kecemasan tetap kembali. Dan lebih buruk lagi, sekarang ada beban finansial baru yang menanti: tagihan kartu kredit atau dompet yang kian tipis.

Doom spending menciptakan siklus kecemasan baru. Belanja impulsif menenangkan kecemasan sesaat, tetapi setelahnya justru menambah stres karena masalah keuangan yang semakin pelik. Ini bukan solusi, melainkan pengalihan masalah. Kondisi ini dapat menyeret orang ke dalam lingkaran setan keuangan. Mungkin Anda merasa lebih baik setelah membeli sesuatu, tetapi ketika saldo tabungan semakin tipis, Anda justru dilanda kecemasan lebih besar dari sebelumnya.

Menurut para psikolog, doom spending seringkali terjadi pada mereka yang merasa kehilangan kontrol atas hidupnya. Dengan berbelanja, mereka mencoba "mengambil kembali" sedikit kendali itu. Tetapi dalam jangka panjang, perilaku ini justru memperburuk masalah baik secara psikologis maupun finansial.

Lebih lanjut, doom spending dapat dihubungkan dengan gangguan kecemasan, depresi, atau bahkan oniomania (belanja kompulsif). Mereka yang mengalami gangguan ini cenderung menjadikan belanja sebagai cara utama mengatasi stres emosional, bukan lagi sekadar hiburan.

Fenomena ini banyak ditemukan di kalangan anak muda. Mengutip dari Psychology Today, generasi milenial dan Gen Z lebih memilih menikmati hidup saat ini daripada memikirkan masa depan. Mereka cenderung menghabiskan uang untuk bersenang-senang daripada menabung. Belum lagi, dengan media sosial yang memajang kemewahan, tekanan untuk tampil sukses dan bahagia semakin kuat.

Ylva Baeckstrom, dosen keuangan di King's Business School, menyoroti bahwa anak-anak muda ini lebih rentan karena kurangnya literasi keuangan. Alih-alih merencanakan masa depan, mereka fokus pada kepuasan jangka pendek. Padahal, di tengah ketidakpastian ekonomi global, perilaku ini sangat berisiko.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline