Lihat ke Halaman Asli

fikri syah

Menari Dengan Literasi

Tafsir Mistik & Perahu Tesla

Diperbarui: 30 Juni 2024   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diolah pribadi dari canva 

"Eh, lu denger gak sih? Ada dukun ketangkep polisi karena nipu orang sampe belasan nyawa melayang!" Suara itu membuyarkan lamunan gue yang lagi nyeruput kopi Godbye Sembari nongkrong di kafe dan nungguin temen-temen gue datang. Itu adalah Dina, temen kuliah gue yang emang selalu up-to-date soal berita heboh.

"Seriusan, Din? Gue gak abis pikir masih ada aja orang yang percaya ama dukun-dukun gitu," jawab gue, sambil ngopi pelan-pelan.

"Iya, sumpah deh, parah banget. Masyarakat kita emang masih percaya hal-hal mistis, makanya kejadian kayak gini terus ada," lanjut Dina.

Gue jadi inget masa lalu gue di desa. Gue tinggal di Banten, tempat yang masih kental banget sama budaya mistis. Dari kecil, gue udah denger cerita soal debus, ngemat, hadiran, pelet, dan santet. Orang-orang di desa gue sering banget ngomongin hal-hal mistis, bikin suasana jadi makin serem aja.

Balik ke beberapa tahun lalu, waktu gue masih labil-labilnya abege, gue ikut sebuah komunitas sulap di Banten. Dari situ, kepercayaan gue terhadap hal-hal mistis mulai goyah. Gue jadi tahu kalau banyak trik perdukunan yang sebenernya cuma ilusi doang bahkan ada yang menggunakan Gimmic yang biasa di gunakan oleh para pesulap untuk dijadikan alat mengelabui korbannya. Itu sebelum pesulap merah terkenal, yang bikin hal-hal mistis jadi lebih terbongkar.

Nah, suatu hari di komunitas sulap, gue diajarin trik yang bikin gue mikir ulang soal perdukunan. Misalnya, trik kartu, trik koin, trik benda menembus benda padat atau trik memanggil arwah yang ternyata cuma manipulasi psikologi. Semakin gue belajar, semakin gue sadar kalau banyak hal mistis bisa dijelasin secara ilmiah.

Di desa gue, ada padepokan ilmu kebatinan, yang mengajarkan ilmu tenaga dalam dan nyambat, alias ngemat atau hadiran. Gue pernah menjadi murid di salah satu padepokan kanuragan di sana. Mereka bilang, kalau kita bisa manggil entitas gaib seperti jin atau arwah orang yang sudah meninggal dan ngerasain tubuh kita dirasuki oleh entitas gaib terus bisa mengerakan tubuh kita dengan sendirinya. Awalnya, gue percaya banget. Waktu pertama kali coba, gue ngerasain tubuh gue bergerak dengan sendirinya. Aneh, tapi nyata.

Tapi setelah gue belajar hypnosis, NLP, dan sulap, gue mulai paham. Semua gerakan itu ternyata efek dari pikiran bawah sadar gue. Jadi, gak ada tuh jin yang masuk ke tubuh gue. Semua cuma manipulasi pikiran dan sugesti.

Balik lagi ke kafe, gue cerita ke Dina soal pengalaman gue di padepokan itu. "Lu tau gak, Din? Dulu gue pernah ikut padepokan, dan gue ngerasa tubuh gue gerak sendiri karena dipanggil jin. Tapi setelah gue belajar hypnosis, gue jadi ngerti kalau itu semua cuma efek pikiran bawah sadar."

Dina kaget denger cerita gue. "Serius lu, Lan? Gila, gue baru tau. Pantesan lu sekarang lebih skeptis sama hal-hal mistis."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline