Lihat ke Halaman Asli

SERBA SERBI DALAM USAHA ROTI

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah sekian lama saya tidak update blog MESIN ROTI, BISNIS ROTI, USAHA ROTI, ALAT ROTI & KULINER ini dikarenakan kesibukan pekerjaan yang sangat menyita waktu, tenaga dan pikiran. Maka dalam kesempatan ini saya akan memposting bahasan yang ringan tentang serba serbi dalam menekuni usaha roti. Meskipun lama saya vacum utk update blog saya ini, tetapi banyak pembaca yang langsung telp/sms/email saya secara langsung. Pertama-tama dalam menekuni bisnis roti atau usaha roti ini, anda harus mempunyai visi dan misi serta belajar membaca peluang pasar akan trend roti saat ini. Mengapa saya tanamkan visi dan misi sangat penting, sebab anda mau menekuni usaha roti tdk diharuskan pandai dalam membuat roti yang enak, tetapi roti yang laris atau di terima pasar. Sebab, banyak yang bisa bikin roti enak, tetapi gagal dalam menjualnya ke pasar. Wal hasil bisnis rotinya stagnan atau mandeg di tempat. Jadi target market anda harus jelas, produksi roti tidak harus skala besar dahulu apabila anda baru memulai. Test market sangat perlu di lakukan untuk mengetahui produk roti apa saja yang anda buat bisa diterima pasar. Yang kedua tenaga ahli (konsultan,baker) apakah perlu anda ajak kerjasama? hal ini jelas tergantung budget anda dan konsep toko roti anda, apakah dengan membuka outlet di mall/plaza atau di toko pinggir jalan utama. Atau bergerak dalam pesanan saja atau sudah dapat kontrak untuk mensuplay hotel,pabrik,flight dsb. Dan yang terpenting produkl roti anda harus punya cita rasa yang khas supaya dapat berbeda dengan kompetitor. Bila anda harus menyerahkan urusan hal membuat roti kepada baker/tukang roti, anda harus punya cita rasa yang baku dan aturan yang jelas dalam hal produksi roti. Sehingga meskipun karyawan anda resign, anda sudah punya back up tentang masalah produksi roti. Yang ketiga inovasi produk roti sangat perlu anda lakukan selain promosi yang gencar dan tepat sasaran. Bila anda tidak melakukan inovasi produk roti, lambat laun usaha roti anda akan tergilas oleh kompetitor, Promosi online dengan internet bisa anda lakukan, karena semakin mudahnya dan murahnya biaya akses internet. selain itu akses jejaring sosial seperti facebook, twitter, google + dll dapat anda manfaatkan untuk mengenalkan produk anda. Toko online sangat pas buat anda untuk dimanfaatkan sebagai sarana promosi bisnis roti anda. Anda dapat melihat contoh toko online saya di SINI. Selain faktor diatas sangatlah penting juga mesin roti berkualitas dengan harga terjangkau untuk meningkatkan kualitas produksi roti anda. Saya melihat masyarakat umum sudah memandang produk roti cocok sebagai menu tambahan/selingan untuk berbagai acara/event. Bila anda ingin cepat sukses lagi, hendaknya anda membuka usaha roti yang sedikit competitornya. Menurut analisa saya, daerah luar jawa sangat sedikit pemain bisnis rotinya. Seringkali waktu saya ada kunjungan service di luar pulau, para pengusaha roti ini lebih sukses usahanya ketika dia expand / pindah ka luar pulau untuk mengembangkan bisnis rotinya. Kami sangat senang sekali apabila anda dapat berbagi pengalaman masalah bisnis/usaha roti dengan saya. Anda dapat call/sms di 081545552426 atau email : fikrisu@gmail.com.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline