Lihat ke Halaman Asli

Fikri Rizkia Prisyabil

Mahasiswa Teknik Elektro Unirvesitas Muhammadiyah Yogyakarta

Investasi Energi Masa Depan

Diperbarui: 28 Agustus 2024   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dalam melakukan aktivitas harian, tubuh kita memerlukan energi agar tubuh kita bisa menjalankan aktivitas yang kita inginkan, sama halnya dengan perusahaan - perusahaan. semua perusahaan pastinya memerlukan energi agar dapat menjalankan operasionalnya. Tapi, kita sering lupa bahwa ketika kita menggunakan energi yang berlebihan dan bersifat tidak bisa diperbaharui maka akan memunculkan efek negatif terhadap lingkungan sekitar. contoh kecilnya adalah polusi di daerah perkotaan. Lalu apa jalan keluarnya agar kita bisa mengurangi dan mengontrol energi yang kita pakai ?  jawabanya adalah , efesiensi energi

Apa itu efesiensi energi

Efesiensi energi adalah upaya dalam mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Sederhananya, memproduksi sebuah produk yang berkualitas dengan energi yang rendah. Dengan kamu mengefesiensikan energi , kamu akan menghemat biaya pengeluaran listrik serta kamu telah berkontribusi untuk menjaga kesehatan bumi. Lalu bagaimana cara mengefesiensikan energi ? Simple banget, kamu bisa :

  1. Menggunakan peralatan hemat energi
  2. Menggunakan transpotasi umum
  3. Memanfaatkan teknologi ramah lingkungan

Tak hanya efesiensi energi saja yang dapat kamu lakukan, kamu bisa memulai untuk berinvestasi hijau untuk kesehatan bumi. Muncul pertanyaan, apa itu investasi hijau ?

Investasi Hijau

Penanaman modal yang diperutukkan untuk pengembangan proyek atau perusahaan yang berfokus pada pelestarian lingkungan,  yang bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Investasi ini memiliki output yang sangat banyak terhadap kehidupan karena investasi dapat mengurangi mitigasi perubahan iklim, melindungi lingkungan , dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Investasi hijau dasarnya sama dengan efesiensi energi hanya berbeda pada tujuan . Langkah awal kamu bisa memulai investasi ini dengan :

  1. Menggunakan Transpotasi ramah lingkungan
  2. Pengelolaan air dan limbah
  3. Membeli saham perusahaan hijau
  4. Memilih dana investasi hijau

Investasi bukan hanya berasal dari uang saja, tapi juga berasal dari kesadaran akan pentingnya pengetahuan kemudian mempraktekkan dan mengedukasi orang - orang yang berada di sekeliling kita

Mari dari sekarang, kita memulai merawat rumah kita karena rumah kita adalah bumi kita

Sampai jumpa di blog selanjutnya, Sobat - sobat literasi semua




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline