Lihat ke Halaman Asli

fikrijamil

Wong Dusun Tinggal di Kampung

Hak-hak Pasien yang “Sederhana” namun Sering Diabaikan

Diperbarui: 24 Oktober 2016   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto : www.lucu.me

Badan saya lemas dok...” begitu keluhan seorang pasien disalah satu poliklinik rumah sakit milik pemerintah. Sang Dokter yang berkacamata hitam, berjas putih dan mengalungkkan stetoskop di pundaknya itu kemudian dengan santai dan penuh kesabaran  memeriksa secara perlahan si ibu yang terlihat kusut itu.

Masker yang tadinya tergantung dileher sang dokter, pelan-pelan naik keatas dan menutupi sebagian wajahnya sampai kehidung setelah sang dokter akan memeriksa bagian belakang pasien yang sepertinya dilihat dari penampilan dan bau yang tercium nampaknya pasien tersebut belum mandi hampir tiga hari lamanya.

Bau yang kurang sedap itu tidak menyurutkan langkah sang dokter untuk tetap memeriksa secara detail dan teliti. Tanpa banyak bicara dokter itu mengambil penanya dan menulis diselembar kertas yang telah disiapkan dan menyerahkannya ke sang ibu sambil kemudian menyuruhnya keluar.

Terima kasih, dok ” sahut sang ibu tersebut tanpa banyak bicara.

Sang dokter hanya menoleh dan melanjutkan pekerjaan rutinnya kembali untuk pasien yang lainnya dan seterusnya.

****

Sekilas tidak ada yang salah dengan peristiwa diatas. Dokter menjalankan kewajibannya  dalam melayani pasien,  dan si pasien juga mengucapkan terima kasih kepada sang dokter atas pelayanan yang diberikan.

Begitulah yang selama ini nampak didalam hubungan dokter-pasien  yang dimasa lalu sangat berorientasi pada sang dokter (doctor centered). Pasien disuruh menerima apa saja maunya dokter tanpa ada kesempatan untuk lebih mendalam mengetahui tentang kondisi dan sakit yang dideritanya yang sebenar-sebenarnya dan sedetail-detailnya.

Pasien sepertinya tidak memiliki kemampuan memilih untuk membuat perencanaan pengobatan dan terapi yang dibutuhkan selanjutnya, dan sepertinya pasien hanya dihadapkan pada satu pilihan saja terkait dengan hak-hak pasien lainnya yaitu “mematuhi perintah dokter”.

Dokter selama ini hampir selalu diilustrasikan sebagai malaikat yang tidak tidak pernah salah, anti kritik dan seterusnya, dan seterusnya.

Fenomena itu sepertinya tidak juga tergerus  sampai dengan sekarang disaat zaman sudah mengalami perubahan walaupun disana-sini sudah mengalami perubahan. Dibangku lkuliah pun sudah mulai  diajarkan bahwa fokus pelayanan sekarang adalah “patient oriented”.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline