Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Fikri

Mahasiswa Universitas Tanjungpura/pernah mengikuti lomba esai dan KTI se-Indonesia

Komunitas Wibu Ini Bergerak Menyuarakan Krisis Iklim

Diperbarui: 14 Agustus 2024   06:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wibu4Planet menyuarakan krisis iklim (Wibu4Planet)

Komunitas wibu identik dengan kebiasaan mengikuti tren pop kultur jejepangan khususnya dari anime. Komunitas wibu pada awalnya berdiri di Jepang dan sudah menyebar di seluruh dunia. Namun ternyata, ada komunitas wibu yang bergerak di bidang lingkungan hidup, yakni komunitas Wibu4Planet.

Bukti ketidakberpihakan Jepang terhadap Green Energy (Sumber: MARKEETERS)

Komunitas wibu4planet adalah komunitas yang berusaha membangkitkan semangat melawan krisis iklim kepada masyarakat khususnya kaum wibu. Mereka juga berusaha mendorong pemerintah Jepang untuk lebih serius berinvestasi pada energi bersih, bukan malah investasi pada gas LNG dan teknologi penangkap karbon dengan berdalih bahwa kebijakan ini termasuk transformasi hijau.

Dok. Cyva ketika diwawancarai oleh TV TEMPO

"Komunitas ini didirikan sebagai respons terhadap krisis iklim yang semakin parah. Kami juga melihat adanya kebutuhan untuk melibatkan berbagai komunitas dalam upaya mengatasi krisis tersebut," kata Cyva dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/8). Komunitas ini punya berbagai cara unik untuk melaksanakan aksi mereka.

  • Maskot Nekobu, Kocheng Penyayang Bumi

Maskot Wibu4Planet (Wibu4Planet)

Sengaja diplesetkan yah btw. Mengapa mereka memilih kucing?

Cyva bercerita bahwa mereka menemukan banyak manga dan anime terinspirasi dari kucing karena penggambaran karakter di anime terinsipirasi dari bentuk wajah kucing. Bahkan dalam sejumlah seri popular, kucing dijadikan sebagai ikon. Maka, mereka kemudian memikirkan perlunya maskot yang mewakili budaya pop yang sangat Jepang dan dekat dengan dunia manga.

"Hingga kemudian kami memilih neko, yang artinya kucing, sebagai simbol bahwa kucing tersebut sayang dan peduli bumi. Ia juga merupakan bagian dari bumi, kucing itu diberi nama Nekobu. Nekobu akan mengajak siapa pun menjadi hero dalam perjalanan menyelamatkan bumi dari penjahat lingkungan yang memperparah krisis iklim," tambah Cyva.

Nekobu diturunkan dalam setiap aksi komunitas Wibu4Planet seperti aksi memungut sampah sekaligus sebagai maskot yang menghibur orang-orang.

  • Menggunakan Manga Sebagai Media Edukasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline