Lihat ke Halaman Asli

Guru dan Tiktok

Diperbarui: 10 Agustus 2022   06:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sekarang hampir di semua kota di Indonesia, generasi muda kita memiliki akun tiktok dan bahkan mereka menjadi konten kreator dari akun tiktoknya tersebut. 

Selain sebagai konten kreator, mereka juga sebagai konsumen dari konten tiktok yang kita sudah maklum, konten tiktok tidak semua mempunyai dampak positif untuk generasi muda kita.

Sehingga, hemat kami, kita sudah seharusnya sebagai guru mengikuti Perkembangan zaman yang tidak bisa kita bendung lagi. Kita tidak bisa untuk selalu melarang mereka untuk tidak menonton hal-hal yang tidak mendidik peserta didik kita. Karena sifat manusia, semakin dilarang, semakin memotivasi untuk melakukannya. 

Oleh karena itu, seharusnya para guru zaman ini, mengikuti Perkembangan zaman namun tidak tergerus oleh zaman tersebut. Guru seharusnya memiliki akun tiktok dan sebisa mungkin membuat konten tiktok yang bermanfaat, sehingga hal itu bisa mengubah tontonan tiktok yang negatif menjadi tontonan yang sangat positif. 

Hal itu sudah dilakukan oleh Ibu Ira Mirawa, M. Ilkom, seorang Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD, beliau telah memiliki 900 k ++ followers on tiktok dan juga instagram. 

Ini masih satu dosen atau guru. Andai semua guru mau membuat konten tiktok seperti beliau, maka tiktok akan diwarnai dengan hal-hal yang positif. Sehingga hal yang negatif akan dilupakan dan dihiraukan oleh para anak didik kita.

Oleh karena itu, marilah kita mulai saat ini membuat alun tiktok dan membuat konten yang positif sesuai bidang keahlian kita masing-masing yang akhirnya kita tetap bisa mendidik para generasi muda kita meski dengan cara yang sama sekali berbeda dengan pendidikan yang kita dapatkan selama kita dulu menuntut ilmu.

Menurut saya hal ini sah-sah saja. Karena semua itu tergantung pada niatnya. Kendati kita bermain tiktok namun tujuan kita adalah dengan niatan yang mulia, insyaallah hal itu juga akan bernilai ibadah yang diterima oleh Allah Swt.

Yang terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah membaca tulisan ini, dan Semoga tulisan ini ada manfaat dan barakahnya untuk kita semua. Amin

Tulungagung 10 Agustus 2022




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline